Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Proyek Groundbreaking di IKN Bulan Depan, Investasi Rp10 Triliun!

Bulan depan terdapat 10 proyek dengan nilai investasi mencapai Rp10 triliun siap untuk melakukan groundbreaking di IKN.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat setidaknya 10 proyek dengan nilai investasi mencapai Rp10 triliun siap untuk melakukan groundbreaking pada Desember 2023.

Kepala OIKN Bambang Susantono menjelaskan, proyek-proyek yang kemungkinan besar akan di groundbreaking lebih dahulu merupakan fasilitas-fasilitas umum yang diinisiasi oleh berbagai yayasan lingkungan.

"Jadi, groundbreaking bukan hanya fisik tapi yang berhubungan dengan lingkungan juga. Jadi apakah jadi Desember, tergantung jadwal Presiden, paling tidak Januari ada," tuturnya saat ditemui di Jakarta, dikutip Rabu (15/11/2023).

Di samping itu, Bambang juga memberi sinyal bahwa akan ada 2 pusat perbelanjaan dan grosir yang akan melangsungkan groundreaking pada Desember 2023.

Sementara itu, Sekretaris OIKN Jaka Santos menyebut bahwa berdasarkan sektornya, proyek yang direncanakan akan menggelar groundbreaking bulan depan yakni fasilitas leisure, hotel hingga pembangunan sejumlah kantor pemerintahan.

"Pak Presiden menginginkan [sektornya] lebih bervariasi, tidak hanya lebih kepada hotel dan apartemen. Tapi memang masih ada hotel, ada hotel bintang 4 kalo gak salah, area pacuan kuda indah bukan kuda balap, area kuda yang cakep lah. Terus ada instansi lembaga negara seperti OJK dan LPS, lalu ada juga yang terkait dengan lingkungan berupa yayasan yang membuat konservasi orang utan," tuturnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut total investasi yang masuk dari sejumlah investor dalam negeri untuk pembangunan proyek di kawasan IKN totalnya mencapai Rp45 Triliun hingga Desember 2023.

“Ini memang makin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor dalam negeri. Yang lalu groundbreaking [pada September] senilai Rp23 triliun, kemudian [November] ini kira-kira Rp12 triliun. Kemudian nanti Desember [senilai Rp10 triliun]. Totalnya jadi Rp45 triliun [hingga Desember],” kata Jokowi di kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun menegaskan bahwa pemerintah hingga saat ini terus mendorong pembangunan fasilitas-fasilitas yang diinginkan masyarakat di IKN.

Merangkum pernyataan dan dokumen milik Otorita IKN, berikut daftar 10 proyek yang diperkirakan akan menggelar groundbreaking pada Desember 2023.

10 Proyek yang Groundbreaking di IKN Desember 2023:

  1. Kantor Otoritas Jasa keuangan (OJK)
  2. Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  3. Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan)
  4. Homebase Nusantara United Football Club (NUFC)
  5. Kawasan Olahraga Berkuda (Equestrian Park)
  6. Gerakan Sabuk Hijau Nusantara  (Crow-sourcing untuk reforestasi)
  7. Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari
  8. Jambuluwuk Hotel dan Resort
  9. GrandLucky
  10. Indogrosir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper