Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wartsila: Pengembangan EBT Perlu Didukung Sistem Ketenagalistrikan yang Fleksibel

Sistem ketenagalistrikan yang fleksibel dinilai menjadi kunci untuk mengakselerasi pengembangan energi baru terbarukan (EBT).
Teknisi melakukan pengecekan rutin pada proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Waduk Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023). Bisnis/Rachman
Teknisi melakukan pengecekan rutin pada proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Waduk Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Wartsila Energy menilai upaya untuk menekan emisi karbon tidak cukup dengan hanya mengembangkan berbagai jenis energi terbarukan saja. 

Presiden Wartsila Energy Anders Lindberg mengatakan bahwa saat ini perlu adanya sistem energi yang fleksibel guna menunjang pengembangan pembangkit listrik dari energi terbarukan.

“Agar pembangkit listrik tenaga angin dan surya dapat berkembang, kita perlu membangun sistem energi yang andal, terjangkau, dan fleksibel, dan kita tidak dapat menunda lebih lama lagi,” kata Anders di kantor workshop dan Land & Sea Wartsila, Senin (13/11/2023).

Fleksibilitas ini, kata Anders, bukanlah sebuah pilihan tambahan pada sistem ketenagalistrikan. Namun, fleksibilitas merupakan bagian penting dari jaringan listrik di masa depan. 

Menurutnya, tanpa sistem ketenagalistrikan yang fleksible dalam skala besar, akan mengancam kemampuan dalam menyediakan listrik yang terjangkau dan andal bagi industri, rumah tangga, dan bisnis yang nantinya akan berdampak pada pencapaian dekarbonisasi. 

Kurangnya fleksibilitas akan menghambat kemampuan sistem ketenagalistrikan untuk menghasilkan energi terbarukan yang andal, yang dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan dan penghidupan.

“Kami menekankan inovasi dalam teknologi dan layanan berkelanjutan untuk membantu pelanggan kami terus meningkatkan kinerja lingkungan dan ekonomi mereka. Kesempatan kita untuk mengurangi emisi dan menjaga planet kita tetap layak huni sudah semakin dekat. Kami memiliki teknologi dan keahlian yang tersedia saat ini untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau, dan tidak ada waktu untuk disia-siakan,” ucapnya.

Melihat perlunya sistem yang fleksibel, Wartsila Energy lewat Wartsila Indonesia meresmikan fasilitas workshop dan pelatihan Land & Sea Academy yang baru di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Managing Director dan Presiden Wartsila Indonesia Erwin Vanderkerff mengatakan bahwa akan memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan lokal berkualitas tinggi dan dukungan ahli kepada pelanggan dan mitranya dalam perjalanan ini.

Selain itu fasilitas ini juga berguna untuk meningkatkan tiga kali lipat penerapan energi terbarukan secara global dan untuk mendukung pembangkit listrik yang lebih fleksibel dan terbarukan di Indonesia.

“Land & Sea Academy dari Wartsila menyediakan solusi pelatihan berkualitas tinggi yang mencakup seluruh aspek pengelolaan dan pengoperasian instalasi, termasuk pemeliharaan, keselamatan, keandalan, dan kinerja, serta akan membantu pelanggan untuk menguasai teknologi dan peralatan Wartsila yang canggih,” kata Edwin.

Lebih lanjut, Edwin mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Wartsila untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mitra energi dan kelautan kami baik di Indonesia maupun di negara lain di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper