Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek 3 Ruas Jalur Pansela 90,22 Km Rampung, Habiskan Dana Rp1,08 Triliun

Pemerintah terus mengebut pembangunan Jalan Pansela yang ditargetkan dapat menyambungkan provinsi Banten hingga Jawa Timur.
Pemerintah mempercepat pembangunan jalur Pantai Selatan (Pansela) - Dok. Kementerian PUPR
Pemerintah mempercepat pembangunan jalur Pantai Selatan (Pansela) - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 3 ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Jawa Timur sepanjang 90,22 kilometer.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan pihaknya telah rampung membangun tiga ruas jalan baru Pansela di Provinsi Jawa Timur sepanjang 90,22 kilometer (KM). Sehingga, total jalan Pansela Jatim yang telah terbangun sepanjang 372,82 km dari total panjang 628,39 km.

“Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan, karena tidak hanya jalannya yang bagus. Namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata,” kata Basuki dalam keterangan resmi dikutip Jumat (10/11/2023).

Pembangunan Jalan Pansela Jatim diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan, serta memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan serta untuk mengurangi beban lalu lintas Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Adapun, tiga ruas jalur Pansela di Jatim yang telah selesai dan siap diresmikan adalah ruas Jarit-Puger di Kabupaten Lumajang sepanjang 54,135 Km. Pembangunan jalan ini dikerjakan pada 2019-2022 dengan biaya senilai Rp257 miliar, termasuk pembangunan Jembatan Paseban I dan II sepanjang 82,80 meter.

Selanjutnya, ruas Simpang Balekambang–Kedungsalam di Kabupaten Malang sepanjang 18,062 km. Biaya pembangunannya senilai Rp227,73 miliar dengan masa pelaksanaan 2019-2022. 

Terakhir, ruas Prigi-Klatak-Brumbun sepanjang 18,03 km yang dilaksanakan pada 2020-2023 dengan biaya sebesar Rp602,545 miliar.

Sebagai informasi, Jalan Pansela ditargetkan akan tersambung dari provinsi Banten hingga Jawa Timur. Nantinya, ruas jalan ini terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km. Lalu, di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian, Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. 

Selanjutnya, di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul – Sendangbiru – Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper