Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia U-17 dan Konser Coldplay Genjot Kunjungan Wisatawan ke RI

Gelaran Piala Dunia U-17 dan Konser Coldplay diyakini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisnus menjelang akhir 2023.
Salah satu konser Coldplay/bloomberg
Salah satu konser Coldplay/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) optimistis perhelatan Piala Dunia U-17 dan konser Coldplay di Indonesia pada November 2023 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, yakin, konser Coldplay akan menyedot banyak penonton, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Ini tentunya akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan wisnus bahkan juga dari negara-negara tetangga akan datang sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisman,” kata Vije, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers, dikutip Selasa (7/11/2023).

Sementara itu, Piala Dunia U-17 akan menggelar sekitar 52 pertandingan di empat stadion yaitu Gelora Bung Tomo Surabaya, Manahan Solo, Jakarta Internasional Stadium, dan Si Jalak Harupat Bandung.

Dari turnamen sepak bola itu, pemerintah menargetkan sekitar 10.000 hingga 18.000 penonton setiap pertandingannya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman hingga September 2023 mencapai 8,51 juta kunjungan atau 144,57% dari total kunjungan wisman 2022. Jumlah tersebut telah melampaui target yang ditetapkan Kemenparekraf yakni 8,5 juta kunjungan di 2023.

Sementara itu, untuk pergerakan wisnus telah mencapai 626,09 juta pergerakan hingga September 2023. Meski telah melampaui level prapandemi atau 2019 yakni 527,59 juta pergerakan, angka tersebut masih jauh dari target Kemenparekraf yakni 1,2 miliar - 1,4 miliar di 2023. 

Sebagai informasi, konser Coldplay akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 15 November 2023, sedangkan Piala Dunia U-17 digelar mulai 10 November-2 Desember 2023.

Vije mengatakan, selain meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus, kedua perhelatan tersebut diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan ekonomi kreatif, khususnya UMKM.

“Jadi teman-teman coba ikuti dan nonton, pasti akan membantu pergerakan wisnus dan tentunya untuk juga geliatnya ekonomi khususnya UMKM,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper