Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Bocorkan Strategi Bawa RI jadi Negara Maju 2045

Ini bocoran strategi Menkeu Sri Mulyani untuk membawa Indonesia jadi negara maju pada 2045.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati./ Dok Kemenkeu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati./ Dok Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan strategi yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju pada 2045. 

Dia menuturkan alam berbagai kebijakan fiskal terus dilakukan pemerintah untuk mendorong terciptanya industrialisasi yang berkelanjutan dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Sejumlah strategi pemerintah, antara lain investasi di bidang sumber daya manusia, insentif industri, dan pembangunan infrastruktur.

Pada kesempatan tersebut, Sri Mulyani menuturkan bahwa untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, investasi di bidang SDM menjadi sangat penting, bahkan menjadi ciri dari suatu negara maju atau berpendapatan tinggi (high-income country).

"Makanya di dalam APBN, investasi di bidang sumber daya manusia adalah yang terbesar, pendidikan itu 20%, kesehatan 5,6% untuk tahun depan, dan untuk social safety net kita itu mendekati 18% kalau total terhadap subsidi kompensasi," ujarnya dalam acara Kompas100 CEO Forum yang diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Rabu (01/11/2023).

Selain itu, Sri Mulyani juga memaparkan insentif pemerintah kepada industri manufaktur, baik dari aspek penerimaan negara, belanja, maupun pembiayaan.

Dari sisi penerimaan negara, lanjutnya, pemerintah memberi insentif antara lain berupa tax holiday, tax allowance, dan skema pajak ditanggung pemerintah (DTP).

"Kita melakukan apa yang disebut tax holiday, tax allowance, atau kadang-kadang kita membuat tax yang ditanggung pemerintah DTP kayak seperti sekarang kita me-launch properti agar bisa meningkatkan demand side dan kemudian men-stimulate supply side-nya," ujar Menkeu.

Bukan itu saja, dia menuturkan dukungan fiskal untuk industri juga dilakukan melalui investment allowance dan super tax deduction dalam rangka pendidikan serta pelatihan vokasi.

"Investment allowance juga dilakukan, pengurangan penghasilan neto 30% dari total nilai investasi untuk 45 bidang usaha termasuk untuk hilirisasi. Kalau anda melakukan pendidikan, pelatihan vokasi, anda bahkan bisa dapat super deduction," lanjut Sri Mulyani.

Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan daya saing melalui pembangunan infrastruktur dan peningkatan produktivitas. Kementerian Keuangan akan terus menggunakan mulai dari tax atau penerimaan yang kita berikan insentif atau dukungan dari sisi belanja, belanja untuk SDM, belanja untuk infrastruktur, belanja untuk memperbaiki birokrasi, semuanya adalah dari sisi belanja.

"Sementara dari sisi below the line, kita melakukan penyertaan modal negara dan memberikan dukungan capital kepada BUMN-BUMN yang memiliki peranan, baik itu pembangunan infra, baik itu untuk SDM, maupun dari sisi berbagai policy yang lain," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper