Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Produksi Beras 2024 Naik Meski Ada El-Nino

Meski ancaman El-Nino membayangi, pemerintah tetap meningkatkan target produksi beras.
Ilustrasi beras
Ilustrasi beras

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menaikkan target produksi beras 2024, dari sebelumnya 31,5 juta ton menjadi 35 juta ton tahun depan. Ancaman kemarau kering alias El-Nino seolah tidak menggugurkan ambisi tersebut.

Plt. Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi meyakini target tersebut bisa tercapai bila semua pihak membangun kekompakan dan kebersamaan. Arief mengklaim telah meminta Dirjen Tanaman Pangan untuk membangun sistem benih nasional.

"Dirjen TP saya tegaskan untuk tingkatkan produksi beras dari 31 menjadi 35 juta ton. Caranya bisa berkoordinasi dengan dirjen teknis lain seperti PSP untuk pupuk, BPPSDMP untuk penyuluh," jelasnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, dikutip Minggu (15/10/2023).

Disamping itu, Arief meminta kepala daerah untuk mengoptimalkan lahan-lahan tidur dan meningkatkan indeks pertanaman. Tujuannya, untuk menambah jumlah produksi dari target yang telah ditentukan.  

Arief meminta Dinas Pertanian di Indonesia untuk segera mempersiapkan gerakan nasional percepatan tanam guna menghadapi El Nino.

Sosok yang juga merupakan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) tersebut memberikan tenggat waktu selama sebulan ke pemerintah daerah untuk mempersiapkan semuanya. Terutama berkaitan dengan persiapan benih unggul, ketersediaan pupuk, dan kesiapan para penyuluh.

"Saya minta tolong sebulan ini kita mempersiapkan semuanya sehingga minggu depan tidak ada lagi keluhan petani mengenai benih dan pupuk karena tugas kita semua mempersiapkannya dengan baik," ujarnya.

Kementan dalam program gernas ini menargetkan 500.000 hektare lahan ditanami padi, sebagai antisipasi pemerintah dalam menghadapi El Nino. 

Penanaman dilakukan di 10 provinsi prioritas dengan lokasi dan kelompok tani yang telah ditentukan yakni Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. 

Arief berharap program tersebut dapat dijalankan  sebaik mungkin. "Gerakan nasional El Nino dengan target 500.000 hektare harus kita jalankan sebaik mungkin," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper