Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kriteria Penerus Presiden Jokowi yang Diidamkan Pengusaha

Apindo memberikan pesan kepada penerus Presiden Jokowi mengenai program dan kebijakan.
Presiden Jokowi memimpin ratas, Senin (25/09/2023), di Istana Merdeka, Jakarta - Dok.Humas Setkab/Agung
Presiden Jokowi memimpin ratas, Senin (25/09/2023), di Istana Merdeka, Jakarta - Dok.Humas Setkab/Agung

Bisnis.com, JAKARTA -  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memberikan pesan kepada Presiden selanjutnya untuk melanjutkan sejumlah program dan kebijakan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani menyampaikan, terdapat beberapa program dan kebijakan Jokowi yang diapresiasi oleh asosiasi.

“Apindo berpendapat, di masa transisi kepemimpinan menjelang Pemilu 2024, sejumlah program dan kebijakan yang kami apresiasi di era kepemimpinan Presiden Jokowi juga perlu dilanjutkan,” kata Shinta dalam konferensi pers, Rabu (11/10/2023).

Setidaknya, ada sembilan program dan kebijakan yang mendapatkan apresiasi dari Apindo. Pertama, reformasi struktural terhadap iklim usaha sektoral dan lintas sektoral, khususnya agar lebih berorientasi pada peningkatan daya saing manufaktur, ekspor dan penciptaan green/sustainable economy.

Kedua, reformasi birokrasi, khususnya untuk menciptakan birokrasi yang lebih efisien, seamless, akuntabel, profesional dan business-oriented. Ketiga, reformasi sumber daya manusia (SDM) khususnya agar struktur skills set pekerja tidak lagi terkonsentrasi pada unskilled workers tetapi pada skilled workers yang dibutuhkan di era industri 4.0 dan digitalisasi ekonomi beserta dengan iklim ketenagakerjaan yang dibutuhkan.

Keempat, keterbukaan ekonomi strategis yang disertai dengan penyesuaian domestik untuk peningkatan daya saing ekspor nasional dan inbound investasi.

Selanjutnya, target Indonesia Maju 2045, stabilitas makro ekonomi, transisi energi dan target National Determined Contribution, dan penguatan akses keuangan dan pemberdayaan bagi UMKM.

Dan terakhir, memastikan mekanisme riil proyek strategis pemerintah seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan proyek infrastruktur lainnya.

Shinta berharap, Presiden selanjutnya dapat menyempurnakan reformasi SDM yang mampu mendorong bonus demografi sebagai modal pembangunan, meningkatkan stabilitas makro ekonomi hingga mendorong keterbukaan ekonomi strategis yang disertai penyesuaian kebijakan domestik.

Sebagai asosiasi yang independen, Shinta menegaskan bahwa Apindo bersikap netral dalam pesta demokrasi mendatang, dan berkomitmen untuk mengawal kebijakan strategis nasional melalui advokasi sebagai salah satu prioritas program kerja Apindo di periode baru ini.

“Apindo siap melakukan pendampingan atas kebijakan-kebijakan strategis secara objektif dengan mengelola sumber daya serta keahlian yang kita miliki,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper