Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Jumbo Impor Beras, Siasat Redam Harga Tinggi?

Pemerintah menyiapkan kuota impor beras lagi sebesar 2 juta ton hingga akhir tahun untuk stabilisasi harga di pasar.
Beras impor dari Vietnam sebanyak 5.000 ton tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022) / BISNIS-Annasa Rizki Kamalina.
Beras impor dari Vietnam sebanyak 5.000 ton tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022) / BISNIS-Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA - Harga beras yang belum turun secara signifikan di pasar sejak September 2023 membutuhkan campur tangan lebih dari pemerintah. Impor beras seringkali menjadi opsi dikala kemampuan produksi masih seret akibat El Nino.

Menyitir data panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), rata-rata harga beras medium, Rabu (4/10/2023) pukul 11.30 WIB naik 0,38 persen menjadi Rp13.330 per kilogram. Adapun harga beras premium juga naik 0,4 persen menjadi Rp14.930 per kilogram.

Harga beras telah melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dalam Perbadan No.7/2023 sebesar Rp10.900-Rp11.800 per kilogram untuk beras medium, dan Rp13.900-Rp14.800 per kilogram untuk beras premium.

Kendati demikain, harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diklaim mulai turun seiring dengan digelontorkannya cadangan beras pemerintah (CBP).

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo menjelaskan, pada saat pertama kali beras SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) diguyur ke PIBC pada 13 September 2023 harga beras masih di kisaran Rp12.675 per kilogram dengan stok 25.394 ton.

Kemudian, setelah 31.000 ton beras SPHP masuk ke PIBC, harga beras pada 2 Oktober 2023 turun 11 persen menjadi Rp11.185 per kilogram. Adapun stok beras di PIBC saat ini telah mencapai 31.410 ton.

"Nah saat ini fokus kita adalah bagaimana kita melakukan penyaluran sampai ke downline-downline atau pengecer, dengan harapan pengecer semua atau masyarakat akan mendapatkan harga yang murah," ujar Pamrihadi, Rabu (4/10/2023).

Pemerintah menargetkan terjadi penurunan harga beras medium di PIBC hingga ke level harga eceran tertinggi (HET) Rp10.900 per kilogram. Adapun harga jual beras SPHP di PIBC ditetapkan sebesar Rp10.385 per kilogram.

Adapun, harga beras dari Bulog sebesar Rp9.950 per kilogram. Dengan harga jual beras SPHP di bawah HET beras medium, maka diharap harga beras yang terbentuk di pengecer bisa sesuai HET.

Pamrihadi menyebut saat ini ada 116 pedagang PIBC yang menyalurkan beras SPHP. Sementara itu, jumlah toko pengecer beras SPHP di wilayah Jakarta ada 159 toko rekanan pedagang PIBC dan 49 toko ritel mitra Food Station.

"Minggu ini kita targetkan kita mulai untuk melakukan koordinasi dengan daerah-daerah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, bekerja sama dengan dinas setempat dengan bupati walkot setempat agar beras SPHP ini bukan hanya dinikmati oleh warga Jakarta saja," tuturnya.

Upaya stabilisasi harga tentu tidak bisa hanya pakai cara membanjiri pasar dengan CBP. Perlu ada pengawasan agar beras yang digelontorkan tidak disalahgunakan misalnya saja tindak penimbunan atau dioplos.

Menteri BUMN Erick Thohir telah mewanti-wanti bahwa pelaku penimbunan maupun pengoplos beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) bakal ditindak tegas. Apalagi selama ini sudah ada Satgas Pangan yang mengawasi distribusi beras SPHP hingga ke tangan konsumen.

Erick mengatakan sejumlah tindakan curang dengan mengoplos beras SPHP menjadi beras premium berisiko terjadi dilakukan oleh oknum yang ingin mencari keuntungan saat krisis beras.

"Wasit saja ketangkap, apalagi penimbun beras," ucap Erick saat meninjau stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Rabu (4/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper