Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek PSN Bakauheni Harbour City, ASDP Butuh Rp4,5 Triliun

PT ASDP Indonesia Ferry mengakselerasi proyek Bakauheni Harbour City di Lampung yang masuk PSN, dengan nilai investasi Rp4,5 triliun.
Bakauheni Harbour City yang digarap oleh PT ASDP Indonesia Ferry./ Dok. ASDP
Bakauheni Harbour City yang digarap oleh PT ASDP Indonesia Ferry./ Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mengakselerasi proyek pembangunan destinasi wisata waterfront Bakauheni Harbour City (BHC) di Lampung. Pengembangan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini disebut membutuhkan dana sebesar Rp4,5 triliun.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pengembangan BHC sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront.

Ira menuturkan, ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi pengguna jasa. Ira memaparkan, pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) dimulai dari Siger Park yang terdiri dari wilayah budaya, religi dan entrepreneurship. 

“Investasi pembangunan BHC diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu sekitar 20-30 tahun dengan dana mencapai Rp4,5 triliun,” kata Ira dalam keterangan resminya, Kamis (28/9/2023).

Ira memaparkan, Bakauheni Harbour City merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menghubungkan pariwisata Provinsi Lampung dan gerbang Pulau Sumatera.

Dia menuturkan, progres pembangunan tahap I BHC sudah mencapai 100 persen untuk pembangunan Masjid BSI, Selasar Siger BTN, Menara Siger BRI, Area Parkir Siger Park, Siger Market Mandiri, Krakatau Park hingga Jalan Akses Tahap I. 

Ira mengatakan, saat ini proses pembangunan untuk Creative Hub BNI sudah mencapai 87 persen.

Untuk melengkapi fasilitas di BHC, ASDP juga akan segera membangun Museum Siger dan Amphitheater Siger Park yang masih dalam proses. Museum Siger rencananya akan berdampingan dengan Menara Siger, dibangun dengan standar internasional dan akan menjadi salah satu sarana untuk melindungi, mengembangkan, dan mengomunikasikan sejarah Siger dan kebudayaan Lampung.

Adapun, Amphitheater Siger Park saat ini masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan beroperasi pada awal tahun 2024. Dengan kapasitas hingga 1.500 orang, penyelenggara acara dapat melangsungkan konser dan aktivitas outdoor lainnya.

Hingga Agustus 2023, ASDP mencatat total pengunjung Siger Park sebanyak 71.540 unit kendaraan dengan rincian 28.280 unit motor dan 43.260 unit mobil. Jumlah unit kendaraan roda dua tertinggi ada pada bulan April sebanyak 8.248 unit dan jumlah unit kendaraan roda empat tertinggi ada pada bulan Juli sebanyak 10.225 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper