Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Soekarno-Hatta Mati Listrik, Ini Nasib Layanan Penerbangan

AirNav Indonesia menjelaskan nasib layanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta usai mati listrik pada hari ini.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menjelaskan dampak mati listrik Bandara Soekarno-Hatta terhadap kegiatan aviasi.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan Bandara Soekarno-Hatta mengalami mati listrik pada pagi ini.

Adapun, perusahaan telah melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan KOBU I sebagai UPKS (unit pelaksana koordinasi slot) untuk pembaruan slot penerbangan, sehingga membantu kelancaran penjadwalan ulang penerbangan terdampak.

"Tidak ada penerbangan yang terganggu," katanya dalam siaran pers, Senin (18/9/2023).

Dia memastikan layanan navigasi penerbangan tidak mengalami gangguan karena menggunakan sumber catu daya mandiri atau berbeda dengan operasional bandara. Bisa dipastikan pelayanan penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta dapat dilayani tanpa kendala.

Hermana mengatakan untuk mengantisipasi adanya jadwal penerbangan keberangkatan dan kedatangan yang bersamaan, telah disiapkan prosedur balancing capacity antara penggunaan runway utara (T2 dan T3) dan runway selatan (T1) melalui taxiway penghubung, sehingga keselamatan dan keteraturan terjaga.

Sementara itu, Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi menjelaskan, pasokan listrik dari Power Station 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 area internasional sempat mengalami gangguan.

Holik memaparkan, unit terkait kemudian melakukan pemulihan pasokan listrik untuk ke Terminal 3 area internasional. Dia menyebut, kini pasokan listrik di Terminal 3 sudah normal sejak pukul 08.35 WIB.

Dia mengatakan seluruh fasilitas di Terminal 3 area internasional dan domestik dapat berfungsi normal.

Holik juga memastikan gangguan ini hanya terjadi pada area internasional Terminal 3. Dia mengatakan pasokan listrik ke Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 area domestik tidak mengalami gangguan pada pagi ini dan berjalan normal.

Pasokan listrik mengalami gangguan hanya di Terminal 3 area internasional. Kami memohon maaf kepada penumpang pesawat, maskapai, pengguna jasa bandara, mitra usaha dan semua stakeholder bandara,” ujar Holik dalam keterangan resminya, Senin (18/9/2023).

Lebih lanjut, Holik memastikan tidak ada gangguan penerbangan yang signifikan dari adanya kejadian ini. Dia menuturkan,  seluruh penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta akan berjalan dengan baik pada hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper