Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Soekarno-Hatta Layani 54 Penerbangan VVIP Selama KTT Asean

PT Angkasa Pura II atau AP II mencatat Bandara Soekarno-Hatta melayani 54 penerbangan selama KTT Asean 2023.
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II tercatat melayani sebanyak 54 penerbangan kategori VVIP di Bandara Soekarno-Hatta selama perhelatan KTT Asean pada 3-8 September 2023.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh penerbangan VVIP tersebut berjalan dengan lancar dan baik.  Dia mengatakan, penerbangan kepala negara dan delegasi berjalan lancar dan baik berkat kolaborasi dari seluruh pihak mulai dari AP II, ground handling, AirNav Indonesia, serta didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian BUMN. 

“AP II juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, penumpang pesawat, pengunjung bandara dan seluruh pihak atas dukungannya kepada Bandara Soekarno-Hatta dalam melayani penerbangan KTT ke-43 Asean,” ujar Awaluddin dalam keterangan resminya, Senin (11/9/2023).

Awaluddin menambahkan, penerbangan VVIP juga tidak berdampak banyak terhadap penerbangan reguler berjadwal. Hal ini seiring dengan rencana operasi yang telah disiapkan AP II memastikan kelancaran baik penerbangan kenegaraan maupun penerbangan reguler. 

Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose menuturkan, rencana operasi yang ditetapkan AP II mencakup pengaturan jalur pesawat saat berada di darat serta lokasi parkir pesawat dan lokasi pesawat menginap (Remain Over Night/RON).

Dia menjelaskan, seluruh sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta mampu menjalankan rencana operasi dengan baik. Hal ini didukung kolaborasi penuh seluruh pihak yang dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan juga posko di Terminal 3. 

Untuk pesawat yang menginap, AP II telah menyiapkan 15 parking stand untuk mengakomodir 8 pesawat berbadan lebar (wide body) dan 7 pesawat berbadan sedang (narrow body). Selain itu, AP II juga menyiapkan Bandara Kertajati sebagai lokasi menginap 1 unit pesawat.

Di sisi lain, seluruh fasilitas sisi udara seperti runway, taxiway, dan apron dapat difungsikan secara optimal sehingga seluruh penerbangan VVIP dan penerbangan reguler dapat beroperasi dengan baik dan lancar. 

Wendo menambahkan tidak ada penutupan penerbangan reguler berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta selama adanya penerbangan VVIP terkait KTT ke-43 Asean. 

“Penerbangan reguler tetap beroperasi melayani masyarakat. Pada 4 - 8 September saat ada penerbangan VVIP, utilisasi slot penerbangan reguler sama dengan kondisi normal yakni  konsisten sekitar 900 penerbangan per hari, bahkan pada 8 September mencapai 952 penerbangan,” ujar Wendo.

Selain itu, kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta ini didukung juga oleh Kementerian Perhubungan yang melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Asean ke-43 Tahun 2023 di Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, M. Kristi Endah Murni menjelaskan bahwa Surat Edaran tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pengaturan penerbangan berjalan dengan aman dan terkendali.

"Kami telah memastikan kesiapan dan ketersedian sarana prasarana penerbangan terutama pada pemenuhan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran dan keteraturan pelayanan penerbangan," ujar Kristi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper