Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Cepat Masih Sesuai Rencana, Menhub: Diresmikan 1 Oktober

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pengembangan KCJB masih sesuai rencana untuk diresmikan 1 Oktober 2023.
Direktur CRRC Sun Yongcai  bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sedang melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Sabtu (9/9/2023). / BISNIS - Crysania Suhartanto
Direktur CRRC Sun Yongcai bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) sedang melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Sabtu (9/9/2023). / BISNIS - Crysania Suhartanto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pengembangan Kereta Cepat Jakarta Bandung masih sesuai rencana dan akan diresmikan pada 1 Oktober 2023.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo sendiri akan melakukan uji coba pada 13 September 2023. Sementara, Budi mengatakan izin operasional Kereta Cepat akan dikeluarkan sebelum 1 Oktober 2023.

“Jadi yang ingin kita sampaikan bahwa apa yang dijanjikan berjalan,” ujar Budi di sela acara Upacara Pembukaan Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung, Sabtu (9/9/2023).

Pada kesempatan itu, Budi juga mengatakan bahwa tarif dari kereta cepat ini tidak disubsidi. 

Dia tengah berdiskusi dengan tim independen dan pihak yang sudah berpengalaman untuk menentukan harga yang masih terjangkau bagi masyarakat. Namun, bisa tetap memberikan ruang bagi perusahaan tetap berkembang. 

Lebih lanjut, Budi mengatakan hal ini pula yang membuat Kemenhub bersama dengan Dirjen Bina Marga dan Dirjen Kereta Api Indonesia (KAI) mulai meninjau dan melakukan uji coba Kereta Cepat.

Sebagai informasi, Sabtu (9/9/2023), Produsen CRRC Qingdao Sifang mengundang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menghadiri acara ke pameran di DEPO CRRC di Tegalluar, Jawa Barat.

Adapun acara yang bertajuk Upacara Pembukaan Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung ini bertujuan untuk memamerkan teknologi-teknologi yang dimiliki oleh CRRC.

Acara yang bertajuk Upacara Pembukaan Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung ini bertujuan untuk memamerkan teknologi-teknologi yang dimiliki oleh KCIC. 

Acara inipun dihadiri oleh pemerintah, BRIN, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, operator kereta api, hingga produsen kereta api. 

Adapun berdasarkan pengamatan Bisnis.com, perjalanan kereta Kereta Cepat dari Stasiun Halim Perdanakusuma hingga Stasiun Tegalluar berlangsung selama 53 menit 55 detik. Diketahui Kereta Cepat memiliki kecepatan maksimal hingga 350 km/jam, dengan rata-rata sekitar 150 km/jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper