Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Kanada Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Jokowi di Istana, Bahas Apa?

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia akan meluncurkan Kemitraan Strategis Asean-Kanada pada hari ini, Rabu (6/9/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka, Selasa (5/9/2023)./Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Istana Merdeka, Selasa (5/9/2023)./Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau saat melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Selasa (5/9/2023). 

Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa sebagai pemegang keketuaan Asean, Indonesia akan meluncurkan Kemitraan Strategis Asean-Kanada pada hari ini, Rabu (6/9/2023).

Jokowi mengaku berharap langkah kemitraan tersebut akan menghasilkan kerja sama yang lebih konkrit di antara kedua Negara. Tak hanya itu, menyebut bahwa dalam pertemuannya hari ini Kepala Negara mengangkat sejumlah isu mengenai perdagangan dan investasi.

“Dan gembiranya, nilai perdagangan kita meningkat sebesar 77 persen pada 2020 dan telah melampaui level pandemi. Saya mohon dukungan Yang Mulia ke depannya demi Indonesia,” tutur Jokowi.

Di sisi lain, Justin Trudeau menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia. Menurutnya, peluncuran kemitraan strategis akan menjadi sangat penting bagi Kanada dan kawasan.

Dia pun berharap agar ke depan Asia Tenggara dapat menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

“Dengan di bawah kepemimpinan Indonesia di negara-negara berkembang tersebut sangatlah luar biasa. Kami telah melihat pertumbuhan luar biasa dalam hubungan bilateral kami selama beberapa tahun terakhir,” ucapnya.

Trudeau mengaku sangat menantikan pembicaraannya dengan Jokowi pada esok hari, Rabu (6/9/2023). Mengingat, dia menilai terdapat banyak masalah besar yang penting yang perlu dibahas, salah satunya terkait dengan geopolitik.

Dia pun melanjutkan berbekal Indonesia memimpin G20 pada 2022 dalam masa-masa yang sangat sulit, mampu membuktukan bahwa Jokowi benar-benar menunjukkan kapasitasnya untuk menyatukan dunia dan bergulat dengan isu-isu besar.

“Dan seperti yang kita nantikan pada akhir minggu ini untuk berkumpul kembali, sekali lagi anda [Jokowi] telah menetapkan standar yang sangat, sangat tinggi untuk kesuksesan G20. Namun saya juga mengharapkan hasil kepemimpinan Anda, Joko dan Indonesia,” pungkas Trudeau.

Sekadar informasi, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau tiba di Tanah Air untuk mengikuti serangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean.

Dia tiba bersama rombongan sekitar pukul 11.35 WIB, PM Trudeau tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten dengan disambut oleh jajar pasukan kehormatan dan tarian tradisional.

Turut menyambut kedatangan PM Trudeau antara lain Pj. Gubernur Banten Al Muktabar dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Muhammad Rachmat Kaimuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper