Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: 93 Proyek Kerja Sama Asean dan Mitra Tembus Rp580,6 Triliun

Presiden Jokowi mengatakan 93 proyek kerja sama antara Asean dan mitra tembus US$38,2 miliar atau Rp560,8 triliun.
Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone menyampaikan pandangan saat Sesi Retreat KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (5/9/2023). MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa
Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone menyampaikan pandangan saat Sesi Retreat KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (5/9/2023). MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan total investasi bersama dengan kesepakatan proyek kerja sama antara anggota Asean dan mitra negara lainnya tercatat 93 proyek senilai US$38,2 miliar atau setara Rp580,6 triliun

Hal ini dia sampaikan saat resmi membuka Forum Asean Indo-Pasifik atau Asean Indo-Pacific Forum (AIPF) yang akan diselenggarakan pada 5—6 September 2023, di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Saya mengapresiasi dukungan dan kontribusi negara Asean dan mitra Asean, sehingga telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai US$ 38,2 miliar," ujar Jokowi saat memberikan kata sambutan di AIPF. 

Orang nomor satu di Indonesia itu pun melanjutkan bahwa hasil nyata dari KTT Asean dalam bentuk proyek kerja sama itu juga masih memiliki potensi untuk meningkat.

Apalagi, dia melanjutkan bahwa terdapat 73 proyek potensial yang nilainya mencapai US$17,8 miliar.

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa KTT ASEAN tidak hanya menjadi pertemuan tingkat tinggi yang tidak membuahkan hasil. Namun, membuktikan bahwa antara Negara anggota dan negara mitra bisa berjalan bersama dalam proyek untuk kepentingan bersama.

Jokowi menilai dari kontribusi yang terkumpul mencerminkan komitmen setiap anggota kawasan Asia Tenggara untuk membangun Indo-pasifik secara damai, stabil dan makmur. 

“Oleh sebab itu, Asean Indo-Pacific Forum hadir untuk mengubah rivalitas menjadi kerja sama yang bermanfaat serta membangun kebiasaan koperatif dengan win-win for all, tanpa satu pun merasa dikucilkan,” pungkas Jokowi

Sekadar informasi, melengkapi KTT ke-43 Asean, diselenggarakan Forum Asean Indo-Pasifik atau Asean Indo-Pacific Forum (AIPF) pada 5—6 September 2023, di Hotel Mulia, Jakarta. 

Acara ini adalah AIPF yang perdana. Mengusung tajuk ‘Implementasi Asean Outlook on the Indo-Pacific’, AIPF termasuk acara unggulan di KTT kali ini. AIPF bertujuan menghubungkan sektor swasta dan publik di Kawasan Indo-Pasifik Asean untuk kerja sama yang lebih kuat.

Forum ini akan menjadi platform bagi negara-negara anggota Asean dan mitra eksternal Asean. Mereka diharapkan terlibat dalam diskusi konstruktif yang menghasilkan proyek-proyek nyata yang pada akhirnya meningkatkan kolaborasi di kawasan Indo-Pasifik. 

Dalam AIPF 2023, terdapat tiga subtema, yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh, pembayaran berkelanjutan yang inovatif, serta transformasi digital inklusif dan ekonomi kreatif. 

Forum menampilkan pembicaraan para pemimpin, obrolan api unggun, diskusi panel, pameran proyek, dan sesi business matching. Peserta forum adalah para eksekutif dan pemimpin sektor publik dan swasta dari negara anggota Asean dan negara mitra. 

Adapun, kawasan Asean memiliki modal cukup untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Penyebabnya, Produk domestik bruto (PDB) kolektif Asean pada 2021 mencapai US$3,3 triliun. 

Angka sebesar itu menjadikan Asean sebagai kawasan ekonomi terbesar kelima di dunia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 660 juta jiwa, Asean dinilai berpotensi besar menjadi mitra kerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper