Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Tempat Wisata yang bisa Dikunjungi Pakai LRT Jabodebek

LRT Jabodebek bisa memberikan akses kepada penumpang ke tempat atau kawasan wisata.
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Penumpang tak hanya menggunakan LRT Jabodebek sebagai sarana berangkat atau pulang kerja tetapi juga bisa memanfaatkannya untuk berwisata di sejumlah wilayah.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan saat ini masyarakat dapat menikmati LRT Jabodebek sebagai alternatif moda transportasi massal di Jabodebek usai diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pasalnya LRT Jabodebek memiliki 2 jalur yakni lini Cibubur yang menyambungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan menuju Stasiun Harjamukti, Depok. Jalur lainnya yaitu Lin Bekasi yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya, Kab. Bekasi.

Sejauh ini, paparnya, antusiasme masyarakat dalam mencoba LRT Jabodebek sejak diresmikan cukup tinggi. Sampai dengan hari ketiga, volume penumpang LRT Jabodebek mencapai 65.375 penumpang.

Rinciannya yakni volume penumpang LRT Jabodebek pada Senin (28/8) yaitu 6.475 penumpang, pada Selasa (29/8) sebanyak 28.381 penumpang, dan pada Rabu (30/8) sebanyak 30.519 penumpang. Adapun stasiun yang paling banyak melayani penumpang yaitu Stasiun Dukuh Atas dan Harjamukti.

Dia pun mengapresiasi minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi massal LRT Jabodebek. “Hal ini tentu akan semakin mendorong KAI dan stakeholder untuk terus membenahi layanan LRT Jabodebek di berbagai sisi,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Untuk mencegah gangguan perseroan telah melakukan sweeping terhadap semua kereta sebanyak 12 trainset dan 2 cadangan. Satu hal lagi adalah mengenai penyempurnaan sistem.

Secara Operational Control Centre (OCC) ini sudah align namun demikian ada keluhan masalah pengereman pada saat berhenti yang masih mendadak.

Hal ini akan disempurnakan dengan LEN dan Siemens. Teknisi Siemens, sebutnya masih berada di OCC di Bekasi Timur dalam rangka penyempurnaan ini.

Dia berharap masyarakat tetap menggunakan LRT Jabodebek. Semoga LRT Jabodebek menjadi solusi kemacetan dan solusi polusi yang ada di Jakarta. Selain itu, Joni juga berpendapat dengan beragamnya jalur LRT Jabodebek, ada sejumlah tempat wisata yang juga berdekatan dengan stasiun-stasiun LRT Jabodebek. Sejumlah tempat wisata tersebut adalah:

Stasiun TMII

Lokasi yang satu ini sangat tersohor untuk memanjakan pengunjung keluarga. TMII merupakan tempat wisata bersejarah dengan mengangkat kekayaan budaya Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai fasilitas seperti museum dan wahana.

Stasiun Dukuh Atas 

Di sekitar stasiun ini merupakan surga bagi kawula muda dengan tersedia berbagai tempat nongkrong atau sekadar menikmati suasana urban. Lokasi berkumpulnya anak-anak muda di sekitar Stasiun Dukuh Atas di antaranya Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Riverside Walk Stasiun BNI City, Chillax Sudirman, JPO Phinisi, Sarinah, Skydeck Bundaran HI, dan lainnya. 

Stasiun Ciracas

Tujuan wisata di sekitar Stasiun Ciracas adalah Taman LRT City Ciracas. Taman yang satu ini asri dengan udara sejuk, sehingga cocok untuk tempat santai atau olahraga. Ditambah lagi ada kolam ikan, taman bermain anak, dan lapangan olahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper