Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Anggarkan Rp35,37 Triliun untuk Pembangunan IKN di 2024

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp35,37 triliun untuk mendukung pembangunan IKN pada 2024.
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp35,37 triliun untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024.

Angka tersebut mencapai sekitar 24 persen dari total alokasi rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 Kementerian PUPR sebesar Rp146,99 triliun.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menuturkan bahwa alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN.

"Dukungan infrastruktur IKN tahun 2024 sebesar Rp35,37 trliun dengan kegiatan antara lain penanganan banjir Sungai Sepaku, jalan Sumbu Sebangsaan sisi barat dan timur, jalan feeder distrik di kawasan IKN," kata Basuki dalam agenda Rapat Kerja bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR akan mendapat alokasi anggaran pembangunan IKN paling besar yakni mencapai Rp16,67 triliun.

Perinciannya, Ditjen Bina Marga akan membangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat dan Timur, Jalan Feeder di kawasan IKN, Jalan Akses menuju masjid di kawasan IKN hingga pembangunan landasan udara untuk Bandara VVIP.

Di samping itu, aloaksi anggaran sebesar Rp16,67 triliun tersebut juga akan dialokasikan untuk pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 1, Seksi 3A, Seksi 3B, Seksi 5A, Seksi 5B-1, Seksi 5B-2, Seksi 6A, Seksi 6B hingga Seksi 6C-1.

Selanjutnya, anggaran Ditjen Cipta Karya untuk pembangunan IKN pada 2024 sebesar Rp11,44 triliun. Dengan perincian, pembangunan IPA (instalasi penyediaan air) dan bangunan pendukung SPAM Sepaku serta jaringan perpipaanya, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) I di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), hingga bangunan gedung pada kawasan Istana Kepresidenan.

Selanjutnya, dukungan anggaran IKN tersebut juga akan dialokasikan untuk pembangunan rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar Rp5,76 triliun pada 2024.

"Pembangunan Rusun ASN dan Hankam sebanyak 47 rusun kemarin sudah kita tanda tangani kontraknya, sehingga dapat kita mulai pada tahun ini," ujarnya.

Di mana, pembangunan 47 tower ASN-Hankam rencanannya akan groundbreaking pada pertengahan September 2023 mendatang dan dilaksanakan selama 19 bulan dengan target selesai seluruhnya pada Desember 2024. 

Terakhir, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) akan mendapat alokasi anggaran pembangunan infrastruktur dasar IKN sebesar Rp1,5 triliun guna mempercepat pembangunan pengendalian banjir daerah aliran sungai (DAS) Sanggai 1A lanjutan di KIPP, penangaanan banjir sungai sepaku, penyempurnaan dan penataan kawasan bendungan Sepaku Semoi, serta pembangunan embung KOPP dan DAS Pamaluan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper