Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Beroperasi, Dua Ruas Tol Trans Sumatra Ini Rampungkan Uji Laik Fungsi

Dua ruas tol Jalan Trans Sumatra (JTTS) yang digarap Hutama Karya siap beroperasi seiring perampungan uji laik fungsi.
Jalan Tol Padang-Pekanbaru - Hutama Karya
Jalan Tol Padang-Pekanbaru - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak dua ruas tol Jalan Trans Sumatra (JTTS) baru saja merampungkan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF).

PT Hutama Karya (Persero) dan anak usahanya yakni PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) melaporkan bahwa dua ruas JTTS dimaksud yakni  Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 1 Indrapura – Lima Puluh sepanjang 15,6 kilometer (km) yang dilakukan ULF pada Selasa (22/8/2023) hingga Rabu (23/8/2023). 

Kedua, yakni Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura (Seksi 1 dan sebagian Seksi 2) sepanjang 28,3 km yang mulai dilakukan pengujian pada Kamis (24/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023). 

Seiring dengan hal tersebut, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengungkapkan bahwa kegiatan ULF dilakukan untuk menguji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol guna memenuhi standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

“Selain untuk memenuhi standar, kami berharap dapat mengakselerasikan pengoperasian dua ruas jalan tol ini, utamanya meningkatkan konektivitas untuk mendukung kegiatan ekonomi di Sumatera Utara,” jelas Koentjoro dalam keterangan resminya dikutip Selasa (29/8/2023).

Tidak hanya spesifikasi jalan, kesiapan sarana operasional pada kedua jalan tol ini juga menjadi salah satu poin dalam lingkup pemeriksaan seperti tersedianya sejumlah kendaraan patroli, kendaraan derek, ambulan, hingga alat transaksi di gerbang tol.

Lebih lanjut, HK menjelaskan bahwa kegiatan ULF tersebut melibatkan berbagai instansi. Di antaranya yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Korlantas Polri, Keselamatan Keamanan Jalan Jembatan Bina Teknik (KKJJ), Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH), serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara.

Di samping itu, manajemen HK juga menekankan bahwa kegiatan ULF menjadi tanda dan langkah signifikan dalam memastikan jalan tol dapat dibuka sesegera mungkin dengan kualitas tol yang dipastikan cukup baik hingga mampu meningkatkann efisiensi dan mempersingkat waktu tempuh untuk akses mobilisasi barang.

Untuk diketahui sebelumnya, Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura merupakan backbone jalur logistik dari dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung serta akses ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei menerus melalui Jalan Tol Indrapura – Kisaran.

Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 1 Indrapura – Lima Puluh memiliki kecepatan rencana hingga 100 km per jam, dan Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura dengan kecepatan rencana 80 km per jam.

Nantinya, jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh yang sebelumnya 1,5 jam menjadi hanya 20 menit saja dengan jumlah lajur masing-masing 2x2.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper