Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menanti Sinyal Ketua The Fed di Pertemuan Jackson Hole

Pertemuan tahunan The Fed Bank of Kansas City di Jackson Hole dimulai, Kamis (24/8/2023). Berikut hal-hal yang dapat diperhatikan.
Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) di Washington, DC, AS, Rabu (26/7/2023). / Bloomberg
Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) di Washington, DC, AS, Rabu (26/7/2023). / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pertemuan tahunan Federal Reserve (The Fed) Bank of Kansas City di Jackson Hole, Wyoming yang berlangsung selama dua hari, dimulai dengan makan malam pada Kamis (24/8/2023).

Mengutip Bloomberg, Jumat (25/8) Ketua Federal Reserve Jerome Powell memimpin susunan pembicara dengan pidato utama pada hari Jumat pukul 10:05 waktu New York.

Nantinya, para investor akan menganalisis pidatonya, untuk mendapatkan petunjuk mengenai prospek suku bunga.

Penetapan harga di pasar berjangka juga mencerminkan ekspektasi bahwa para pembuat kebijakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil pada September 2023.

Diketahui, Presiden The Fed Kansas City Jeffrey Schmid menjadi tuan rumah konferensi Jackson Hole pada tahun ini.

Meskipun tidak ada, presiden bank regional atau anggota dewan gubernur The Fed yang terdaftar untuk berbicara mengenai jadwal program utama, diketahui bahwa mereka akan hadir dan akan ada beberapa wawancara dengan media pada Jumat (25/8/2023).

Pihak dari AS yang hadir sendiri meliputi dari Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih Jared Bernstein, anggota CEA Heather Boushey, serta Wakil Menteri Keuangan untuk Keuangan Dalam Negeri Nellie Liang dan mitranya dalam hubungan internasional, Jay Shambaugh.

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde juga akan berpidato di hari yang sama pada pukul 15.00 waktu setempat.

Hal itu menjadikan pidato besar pertama Presiden ECB setelah para pejabat menaikkan suku bunga pada 27 Juli 2023 dan akan bergantung pada data dalam menentukan keputusan di masa depan. 

Dengan memburuknya prospek ekonomi, investor juga akan memperhatikan dengan cermat mengenai setiap petunjuk dari hasil pertemuan kebijakan berikutnya, pada September 2023. 

Bank Sentral Negara Lain

Para gubernur bank sentral dari seluruh dunia juga diketahui akan hadir. Hal ini meliputi Mario Centeno dari Portugal, Lesetja Kganyago dari Afrika Selatan, Philip Lowe dari Australia, Tiff Macklem dari Kanada, Joachim Nagel dari Jerman, Victoria Rodriguez dari Meksiko, dan Kazuo Ueda dari Jepang. 

Ueda sendiri akan mengambil bagian dalam panel globalisasi dengan Deputi Gubernur Bank of England (BoE) Ben Broadbent dan Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Ngozi Okonjo-Iweala pada hari Sabtu (26/8). 

Diketahui, para ekonom akan mempresentasikan empat makalah selama konferensi tersebut, yakni sebagai berikut. 

  • Apakah lingkungan makro ekonomi berdampak pada pergeseran perekonomian dalam jangka panjang

  • Perubahan struktural di pasar keuangan dan pelaksanaan kebijakan moneter

  • Kendala struktural pada pertumbuhan

  • Jaringan produksi global dan arus keuangan global

Para ekonom yang membahas empat makalah tersebut meliputi dari Universitas Chicago, Stanford, kepala ekonom ADP Research Institute, Harvard dan UC Brekley. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper