Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Nonmigas Melempem, Transaksi Berjalan RI Defisit US$1,9 Miliar pada Kuartal II/2023

Defisit transaksi berjalan tersebut setara dengan 0,5 persen dari PDB pada kuartal II/2023.
Ilustrasi neraca perdagangan Indonesia lewat kegiatan ekspor-impor menggunakan kapal. JIBI/Bisnis
Ilustrasi neraca perdagangan Indonesia lewat kegiatan ekspor-impor menggunakan kapal. JIBI/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Transaksi berjalan Indonesia kembali mencatatkan defisit sebesar US$1,9 miliar atau 0,5 persen dari PDB pada kuartal II/2023.

Pada kuartal sebelumnya, transaksi berjalan Indonesia tercatat membukukan surplus sebesar US$3,0 miliar atau mencapai 0,9 persen dari PDB.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan bahwa perkembangan tersebut dipengaruhi oleh surplus neraca perdagangan nonmigas yang lebih rendah pada kuartal II/2023 dari kuartal sebelumnya. 

“Kondisi ini dipengaruhi ekspor nonmigas yang menurun sejalan dengan penurunan harga komoditas dan perlambatan ekonomi global, sedangkan impor menurun terbatas di tengah kondisi membaiknya aktivitas ekonomi domestik,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (22/8/2023).

Erwin mengatakan, pada kuartal II/2023, defisit neraca perdagangan migas meningkat, terutama dipengaruhi oleh tingginya konsumsi BBM sebagai dampak naiknya mobilitas dan kebutuhan pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). 

Lebih lanjut, defisit neraca jasa dan neraca pendapatan primer juga lebih tinggi sejalan dengan peningkatan ekonomi domestik dan pola pembayaran dividen pada periode laporan.

Di sisi lain, neraca transaksi modal dan finansial pada kuartal II/2023 mencatatkan defisit sebesar US$5,0 miliar atau 1,4 persen dari PDB, setelah pada kuartal sebelumnya mencatat surplus US$3,7 miliar.

Erwin mengatakan, kinerja transaksi modal dan finansial tetap terkendali, ditopang oleh investasi langsung di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi. 

Investasi langsung, imbuhnya, tetap solid sehingga tetap mampu membukukan surplus sebagai cerminan dari tetap terjaganya persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi domestik. 

Sementara itu, investasi portofolio dan investasi lainnya mencatat defisit sejalan dampak kenaikan ketidakpastian pasar keuangan global, serta peningkatan pembayaran global bonds dan pinjaman luar negeri yang jatuh tempo sesuai pola kuartalan.

Dengan perkembangan tersebut, neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal II/2023 mencatat defisit US$7,4 miliar dan posisi cadangan devisa pada akhir Juni tercatat tetap tinggi sebesar US$137,5 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Erwin menambahkan, kinerja NPI kuartal II/2023 yang terjaga tersebut mampu terus menopang ketahanan eksternal Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper