Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Umroh Langsung Yogyakarta-Jeddah

Garuda Indonesia (GIAA) resmi melayani penerbangan langsung ke Jeddah dari Yogyakarta hari ini, Sabtu (12/8/2023).
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menyampaikan resmi melayani penerbangan langsung ke Jeddah dari Yogyakarta, hari ini, Sabtu (12/8/2023). 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan layanan penerbangan langsung tersebut dilaksanakan melalui rute penerbangan Yogyakarta–Jeddah (pp), yang dilayani dengan armada A330-300. 

"Dengan beroperasinya rute penerbangan tersebut, saat ini Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Yogyakarta dan Jawa Tengah ke Tanah Suci," kata Irfan dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023). 

Pada penerbangan perdana tersebut, kata Irfan, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 215 calon jemaah.

Dia melanjutkan pembukaan rute penerbangan langsung ke tanah suci dari Yogyakarta merupakan upaya Garuda Indonesia untuk mengoptimalkan peluang pasar umrah dari DIY dan Jawa Tengah.

Menurutnya, hal ini sekaligus manifestasi dari komitmen besar untuk menghadirkan konektivitas serta pelayanan terbaik bagi masyarakat muslim dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, yang ingin melakukan perjalanan ibadah menuju Tanah Suci

“Pengoperasian rute penerbangan Yogyakarta–Jeddah [pp] ini merupakan salah satu bentuk langkah Perusahaan untuk terus menjawab kebutuhan masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci secara aman dan nyaman tanpa melalui transit ke kota atau negara lain. Kami harapkan menjadi nilai tambah tersendiri bagi para jemaah, khususnya mereka yang berusia lanjut,” tutur Irfan. 

Irfan melanjutkan, pembukaan rute penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Yogyakarta ini merupakan salah satu strategi pengembangan jaringan yang dilaksanakan GIAA, khususnya dalam mengoptimalkan pangsa pasar umrah. 

Garuda Indonesia pada bulan Agustus hingga September mendatang secara bertahap membuka rute penerbangan umrah langsung dari 5 (lima) kota besar, yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Kertajati, yang juga didukung dengan penambahan frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah dan Madinah.

Adapun penerbangan langsung Yogyakarta–Jeddah akan dilayani sebanyak 1 (satu) kali per minggu, yaitu pada hari Sabtu, yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Yogyakarta dengan GA-942 pada pukul 11.05 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 17.25 LT. 

Adapun penerbangan kembali ke Yogyakarta akan dilayani dengan GA-943 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 19.25 LT dan dijadwalkan mendarat kembali di Bandara Internasional Yogyakarta pada pukul 10.25 WIB keesokan harinya. 

“Hadirnya penerbangan pertama di Bandara YIA yang menghubungkan langsung masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan ke Tanah Suci dari Yogyakarta ini kami harapkan tidak hanya dapat menjembatani kebutuhan masyarakat atas layanan penerbangan ke Tanah Suci yang aman dan nyaman dengan waktu tempuh yang efisien, namun juga ke depannya diharapkan dapat mendukung penguatan ekosistem industri umrah, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Yogyakarta dan daerah sekitarnya,” ucap Irfan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper