Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia (GIAA) Resmi Buka Rute Umrah dari Makassar

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi membuka layanan penerbangan langsung menuju Arab Saudi dari Makassar, Sulawesi Selatan.
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -  Maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk resmi membuka layanan penerbangan langsung menuju Arab Saudi dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Pembukaan rute ke Tanah Suci ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya perseroan juga akan melayani penerbangan langsung dari Banda Aceh dan Kertajati.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan, layanan penerbangan tersebut dilaksanakan melalui rute penerbangan Makassar – Jeddah pulang pergi (pp) dan akan dilayani dengan armada pesawat Airbus 330-300. 

Irfan menjelaskan, pengoperasian penerbangan langsung menuju ke Tanah Suci dari Makassar merupakan komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk menghadirkan konektivitas udara dalam melaksanakan perjalanan ibadah yang aman dan nyaman dengan waktu yang efisien bagi masyarakat khususnya masyarakat Makassar dan kota-kota di sekitarnya.

Pembukaan rute ini juga merupakan upaya perseroan dalam mengoptimalkan pangsa pasar umrah mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. 

“Garuda Indonesia secara bertahap terus memaksimalkan penerbangan umrah salah satunya dengan mengoperasikan penerbangan langsung umrah dari lima kota besar di Indonesia, yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Kertajati sekaligus menambah frekuensi penerbangan ke Tanah Suci dari Jakarta,” jelas Irfan dalam keterangan resminya, Rabu (9/8/2023)

Dia melanjutkan, dengan potensi pasar hingga 180.000 calon jemaah setiap tahunnya, penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Makassar ini diharapkan akan dapat mengoptimalkan peluang pasar umrah di Sulawesi Selatan yang juga dikenal sebagai hub penerbangan wilayah Indonesia Timur. 

Pembukaan rute langsung ini juga dapat menghadirkan pilihan layanan penerbangan ke Tanah Suci yang lebih variatif bagi masyarakat Makassar dan sekitarnya tanpa perlu melalukan transit di Jakarta ataupun kota besar lainnya.

Selain itu, pembukaan rute ini juga diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem industri umrah di Sulawesi Selatan yang ke depannya akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Sulawesi Selatan.

Adapun, penerbangan Makassar – Jeddah pp dilayani dua kali setiap minggunya, yaitu hari Selasa dan Sabtu yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar dengan GA 930 pada pukul 06.05 WITA dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 14.25 LT. 

Sementara itu, penerbangan dari Jeddah ke Makassar akan dilayani dengan GA931 dan diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 16.30 LT dan tiba di bandara internasional Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 11.30 WITA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper