Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia (GIAA) Datangkan 2 Pesawat Boeing 737-800 NG Bulan Ini

Garuda Indonesia (GIAA) telah resmi menerima satu pesawat Boeing 737-800 NG dan akan kedatangan satu pesawat sejenis pada bulan ini.
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) resmi menerima satu pesawat tambahan jenis Boeing 737-800 NG pada Jumat (4/8/2023). Perseroan juga dijadwalkan menerima satu pesawat sejenis pada bulan ini.

Adapun, kedatangan pesawat tersebut merupakan bagian dari rencana penambahan armada perusahaan sebanyak total 5 pesawat narrow body pada 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan penambahan armada dilakukan dalam rangka mengoptimalkan tren peningkatan trafik penumpang seiring dengan peningkatan aktivitas bepergian masyarakat usai pandemi. 

Irfan memaparkan kelima pesawat tersebut nantinya akan menunjang optimalisasi pertumbuhan frekuensi penerbangan Garuda baik rute domestik maupun internasional di sepanjang 2023, khususnya untuk rute-rute dengan capaian positif serta mendukung berbagai gelaran nasional maupun internasional di berbagai destinasi Indonesia yang membutuhkan dukungan aksesibilitas transportasi udara aman dan nyaman.

“Kedatangan satu pesawat Boeing 737-800 NG ini menjadi wujud komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia pasca restrukturisasi untuk terus bergerak menjadi entitas bisnis yang jauh lebih sehat dan adaptif, seiring dengan aktivitas perjalanan udara masyarakat yang berangsur-angsur kembali pulih ke situasi pre pandemi,” jelas Irfan dalam keterangan resminya, Minggu (6/8/2023). 

Irfan melanjutkan Garuda Indonesia juga direncanakan akan kembali menerima pesawat Boeing 737-800 NG sebagai pesawat kedua yang tiba di Jakarta pada bulan ini. Pesawat tersebut nantinya akan masuk ke proses painting livery di GMF AeroAsia terlebih dulu sebelum secara resmi beroperasi. 

Dengan hadirnya kedua pesawat tersebut, maka saat ini kekuatan armada Boeing 737-800 NG Garuda Indonesia adalah sebanyak 39 armada. Sementara, 2 pesawat berikutnya diproyeksikan akan tiba sekitar di akhir kuartal III/2023.

Adapun, memasuki kuartal III/2023 Garuda Indonesia juga terus memperkuat jaringan penerbangan. Beberapa upaya yang akan dilakukan dalam waktu dekat di antaranya seperti rencana pembukaan rute baru Denpasar - Sorong, peningkatan frekuensi penerbangan untuk rute-rute favorit yakni dari dan menuju Denpasar, Surabaya, Singapura, Malang, hingga Tanjung Pinang. 

Hal tersebut turut diselaraskan dengan optimalisasi pangsa pasar umrah melalui rute penerbangan langsung ke tanah suci dari sejumlah kota besar di Indonesia.

"Kami berharap dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan baik dari sisi core business Garuda Indonesia, hingga langkah diversifikasi lini bisnis sebagai upaya penunjang pendapatan kinerja Perusahaan dapat mendorong langkah Garuda untuk dapat pulih lebih cepat ke situasi sebelum pandemi untuk mewujudkan fokus Garuda Indonesia saat ini yaitu menjadi bisnis yang adaptif dan profitable," ujarnya.

Sebagai informasi, pesawat yang didatangkan Garuda Indonesia memiliki nomor registrasi PK-GUA dan tiba di Terminal 3 - Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 19.50 WIB, Jumat (4/8/2023).

Sebelumnya, pesawat tersebut diberangkatkan dari Bandara Internasional Istanbul Sabiha Gökçen, Turki pada Kamis (3/8/2023) pukul 08.40 LT kemudian tiba di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel pukul 17.45 LT. Penerbangan tersebut kembali dilanjutkan keesokan harinya, Jumat (4/8) pukul 10.15 LT untuk menuju Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper