Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Tender Ulang Proyek Tol Akses Patimban Paket I Rp1 Triliun

Pengumuman prakualifikasi lelang Jalan Tol Akses Patimban Paket I dilaksanakan mulai 8 Agustus 2023 hingga 15 Agustus 2023.
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai lelang ulang proyek Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban Paket I di Subang, Jawa Barat senilai Rp1 triliun.

Berdasarkan laman resmi LPSE PU dikutip, Sabtu (12/8/2023), pengumuman prakualifikasi proyek tersebut dilaksanakan mulai 8 Agustus 2023 hingga 15 Agustus 2023.

Adapun, pengumuman pemenang tender akan dilakukan pada 30 Agustus 2023, sedangkan penandatanganan kontrak bakal dilakukan pada 29 September 2023, sedangkan kontrak pemenang tender akan dilaksanakan pada 9-20 Oktober 2023.

Hingga Sabtu (12/8/2023), tercatat sudah ada 38 peserta yang mengikuti tahapan prakualifikasi lelang proyek tersebut.

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban termasuk dalam salah satu proyek strategis nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.109/2020 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres No.3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Mengacu penjelasan Kementerian PUPR pada dokumen lelang, pembangunan Jalan Tol Akses Patimban dilakukan untuk memperkuat area jaringan jalan yang menghubungkan ke Kawasan Pelabuhan Patimban agar aktivitas angkutan logistik dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, pembangunan proyek tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan jalan tol serta melancarkan kegiatan distribusi ekonomi seperti di bidang industri dan perdagangan yang menunjang perekonomian nasional.

"Sasaran yang ingin dicapai dalam pembangunan Jalan Tol Akses Patimban adalah meningkatkan konektivitas jaringan jalan yang menghubungkan ke Pelabuhan Patimban sebagai salah satu PSN," jelas Kementerian PUPR.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkap alasan dibalik lelang ulang proyek pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang semula akan dikerjakan tahun 2023 ini.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian membenarkan proses tender ulang Jalan Tol Akses Patimban yang tengah berlangsung saat ini. Adapun, proses tender ulang mulai dilakukan sejak 24 Mei 2023 dan masih dalam tahap evaluasi.

"Tender ulang, ya ada ketidaksempurnaan," kata Hedy usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/7/2023). 

Untuk diketahui, proyek pembangunan Jalan Tol Akses Patimban yang dilelang ulang terdiri atas tiga paket pekerjaan senilai Rp2,78 triliun. 

Berdasarkan data LPSE Kementerian PUPR, paket pertama pengerjaan Tol Akses Patimban Package 1 ditender ulang senilai Rp1 triliun, sementara paket kedua senilai Rp884,1 miliar dan paket ketiga sebesar Rp896,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper