Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Rusun ASN di IKN Telan Anggaran Rp9,4 Triliun

Kementerian PUPR menggelontorkan dana Rp9,4 triliun yang bersumber dari APBN untuk pembangunan 47 tower Rusun ASN di IKN.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membangun 47 tower rumah susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan konstruksi Rusun khusus ASN di IKN tersebut bakal rampung secara keseluruhan pada akhir 2024 mendatang.

"Sebentar lagi kontrak yang 47 tower ASN, Hankam dan TNI Polri rampung, targetnya minggu depan. Dan [konstruksinya] ditarget akhir 2024 sudah selesai semua fully furnish," kata Iwan saat ditemui di Kementerian PUPR, dikutip Kamis (10/8/2023).

Adapun, nilai kontrak dari 47 tower tersebut alokasi anggarannya dilaporkan mencapai Rp9,4 triliun dan bersumber dari APBN.

Seiring dengan rencana tersebut, Iwan melanjutkan, pihaknya akan segera melelang enam paket pembangunan. Di mana, saat ini paket tersebut masih dalam penetapan menteri dan akan dilakukan pelelangan sebelum tanggal 17 Agustus 2023.

"Kalau perkiraan secara jadwal, hari ini penetapan pak menteri, masa sanggah minggu depan sebelum tanggal 17 Agustus 2023," pungkasnya.

Usai melaksanakan kontrak, nantinya Kementerian PUPR akan segera berkonsolidasi menyiapkan produk perencanaan (detail engineering design/DEDpada range waktu maksimal satu bulan sebelum akhirnya langsung menggelar konstruksi.

Untuk diketahui, nantinya 47 rusun ASN tersebut akan di bangun di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) untuk memudahkan mobilitas para ASN menuju kantor pemerintahan terkait.

Pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk PNS yang duluan pindah ke IKN di Kalimantan Timur. Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa, menjelaskan pemerintah tengah menyiapkan hunian untuk ASN, TNI, dan Polri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN.

Hunian yang dimaksud berupa rusun. Ada setianya 47 rusun PNS yang akan dibangun di IKN. Selain itu, di IKN Nusantara juga akan dibangun area olahraga, lahan hijau, danau, dan lain sebagainya.

Tak hanya sarana penunjang, fasilitas seperti TK, SD, hingga rumah sakit bertaraf internasional juga akan dibangun di IKN Nusantara. Semua hunian dan fasilitas disiapkan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian PUPR.

Selain fasilitas berupa bangunan, ASN, TNI dan Polri juga akan diberi tunjangan kemahalan, biaya pindah sesuai aturan yang berlaku, dan flexible facility arrangement yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap ASN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper