WEGE & BMKG Gelar Topping OFF Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk sukses selenggarakan seremoni Topping Off Gedung Pendidikan dan Gedung Laboratorium STMKG.
Foto: WEGE Gelar Topping OFF Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI
Foto: WEGE Gelar Topping OFF Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) sukses menyelenggarakan seremoni Topping Off Gedung Pendidikan dan Gedung Laboratorium Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Seremonial ini diselenggarakan pada Selasa (8/8) sebagai menandai kemajuan konstruksi fasilitas yang direncanakan selesai pada bulan Desember 2023.

Seremoni dihadiri oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Direktur Utama WEGE, Hadian Pramudita, Direktur Operasi I, Bagus Tri Setyana, beserta para pejabat tinggi dari BMKG dan manajemen WEGE.

WEGE berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini sesuai jadwal dengan menjaga standar berkualitas tinggi, keberlanjutan, dan keselamatan.

Hadian Pramudita, Direktur Utama WEGE, menyatakan bahwa tidak ada kecelakaan selama proses pembangunan.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak terdapat Zero Accident, mudah-mudahan sampai proyek selesai tidak ada hal yang tidak diinginkan. Progres pekerjaan ini Alhamdulillah lebih besar dari rencana, jika dilihat dari grafisnya kita selalu ada di atas, Ini semua berkat kerja sama tim seluruh tim yang terlibat. Kita ambil hal positif bahwa kerja sama yang baik antar semua pihak menjadi barokah, mudah-mudahan berjalan dengan lancar, tepat waktu dan quality. Insya Allah di 28 Desember ini bisa handover". Terang Hadian Pramudita Direktur Utama WEGE dalam sambutannya.

WEGE & BMKG Gelar Topping OFF Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa tempat belajar sangat penting dalam membentuk kualitas generasi.

"Membangun STMKG masa depan bukan hanya gedungnya saja tetapi membangun visi kita dan insan-insan BMKG. Kita bangun STMKG ini karena ada yang bilang working spacenya kurang, oleh karena itu salah satu visi saat itu yaitu menyiapkan wahana untuk tumbuh kembangnya taruna secara optimal mewujudkan insan yang handal terpercaya", tegas Dwi.

Saat ini, progres konstruksi gedung telah mencapai 36,81%, untuk progress pekerjaan struktur sudah selesai 100%, pekerjaan arsitek danMEP paralel dikerjakan pada setiap lantai. Target penyelesaian akhir gedung ini akan rampung selurughnya pada akhir bulan Desember 2023.

Gedung Pendidikan dan Laboratorium milik BMKG ini terletak di Jalan Meteorologi No 5, Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Banten. WEGE menggunakan metode Building Information Modeling level 5D untuk memastikan percepatan, keakuratan, keselamatan, dan keamanan konstruksi.

WEGE bertanggung jawab atas pekerjaan persiapan, struktural, arsitektur, mekanikal, elektrikal, dan plumbing (MEP), serta pengembangan lanskap dalam proyek ini.

Gedung ini akan menjadi fasilitas bagi Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) dengan tinggi 39 meter, delapan lantai di atas tanah, dan satu lantai basement. Total luas bangunan mencapai 31.540-meter persegi.

Selain gedung perkuliahan, di dalam Gedung Pendidikan dan Laboratorium ini juga terdapat fasilitas Laboratorium MKGI (Center of Excellence) dengan target sertifikasi Bangunan Hijau pada level utama pertama di Provinsi Banten. Proyek ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan generasi ahli yang akan mendukung misi BMKG dalam memberikan informasi yang akurat dan dapat diandalkan kepada masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper