Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Bandara AP1 Layani Kepulangan 106.779 Jemaah Haji

PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I melalui enam bandara yang dikelola telah berhasil melayani kepulangan sebanyak 106.779 Jemaah Haji.
Kamp jemaah haji di Mina, Arab Saudi/Reuters
Kamp jemaah haji di Mina, Arab Saudi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I melalui enam bandara yang dikelola telah berhasil melayani kepulangan sebanyak 106.779 jemaah haji dari Tanah Suci.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan seluruh proses kepulangan jemaah haji yang tergabung dalam 282 kelompok terbang (kloter) tersebut berlangsung pada periode 4 Juli hingga 4 Agustus 2023, serta berjalan dengan aman, selamat, tertib, dan lancar.

Penerbangan Garuda Indonesia GA6404 yang mendarat di Bandara Juanda Surabaya pada Jumat (4/8/2023) malam pukul 19.45 WIB menjadi penerbangan yang mengangkut kepulangan kloter terakhir jemaah haji di bandara AP1.

Penerbangan yang mengangkut 327 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 88 tersebut sekaligus menandai berakhirnya penyelenggaraan Angkutan Haji Tahun 2023 di bandara AP1.

“Pada Angkutan Haji Tahun 2023 ini, AP1 telah mempersiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji, yakni Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar,” terangnya melalui keterangan resmi, Senin (7/8/2023).

Berdasarkan data, Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara AP1 yang melayani kepulangan jemaah haji terbanyak, yakni sebanyak 38.163 jemaah yang tergabung dalam 88 kloter. Bandara Adi Soemarmo Solo melayani jemaah haji kedua terbanyak dengan jumlah 35.083 jemaah yang tergabung dalam 99 kloter, serta disusul dengan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani kepulangan 16.809 jemaah haji yang tergabung dalam 43 kloter.

Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani kepulangan 6.072 jemaah haji yang tergabung dalam 21 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru melayani kepulangan 5.684 jemaah haji yang tergabung dalam 18 kloter, serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani kepulangan 4.966 jemaah haji yang tergabung dalam 13 kloter.

"Syukur Alhamdulillah, seluruh proses embarkasi dan debarkasi para jemaah haji tahun 2023 di enam bandara kami telah selesai, serta berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar," tekannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper