Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek SPAL di Palembang Ditarget Rampung Akhir Tahun

Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian konstruksi Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Kota Palembang selesai akhir tahun.
Instalasi pengolahan air limbah/Istimewa
Instalasi pengolahan air limbah/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menargetkan penyelesaian konstruksi Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan rampung pada akhir 2023 mendatang. 

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, total anggaran untuk paket pengerjaan SPALD-T tersebut mencapai Rp882 miliar. 

Dari total anggaran tersebut, telah selesai paket pekerjaan PCSP yakni paket B2 A-jaringan pipa utama dan retrikulasi yang dibangun dengan dana APBN oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. senilai Rp236 miliar. 

Sementara itu, untuk paket A2–pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPALD) dan Stasiun Pompa A yang dibangun dengan dana Hibah Pemerintah Australia senilai Rp455 miliar dan paket B2 B-Jaringan pipa utama dan retrikulasi yang dibangun dengan dana APBN senilai Rp191 miliar ditargetkan tuntas pada Desember 2023. 

“Paket B2 B, pekerjaan jaringan utama [main trunk] akan diselesaikan dan dilakukan commissioning test pada akhir September 2023. Sedangkan pekerjaan pembangunan sambungan rumah akan diselesaikan pada Desember 2023,” kata Diana dalam siaran persnya yang dikutip Senin (7/8/2023). 

Di samping itu, Diana menambahkan, pekerjaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPALD), telah selesai seluruhnya dan dalam proses tes commissioning, guna memenuhi prasyarat pengoperasian instalasi  dengan debit 1.500 meter kubik per hari. 

“Diperkirakan pada akhir November 2023 total debit air limbah yang dapat dialirkan dan diolah sebesar 347 meter kubik per hari. Sedangkan debit sebesar 973 meter kubik per hari akan dialirkan setelah pekerjaan perpipaan yang bersumber dari APBD Kota dan APBD Provinsi tuntas,” ujar Diana. 

Ke depan, program Palembang City Sanitation Project (PCSP) diharapkan mampu membawa manfaat yang baik untuk mengurangi pencemaran air limbah sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan warga khususnya di Kota Palembang.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper