Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Kini Punya Rubel Digital

Presiden Rusia Vladimir Putin telah resmi meneken Undang-Undang tentang Rubel Digital
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Rusia akhirnya menemukan celah untuk bisa mengatasi sanksi Barat terkait perbankan. Vladimir Putin telah meneken Undang-Undang soal Rubel Digital di Central Bank Digital Currency (CBDC)

Dilansir dari Coin Geek, Rubel Digital adalah mata uang digital yang dikeluarkan oleh Bank of Russia yang merupakan bank sentral negara tersebut.

RUU tersebut membuat amandemen Hukum Perdata Rusia, khususnya pasal-pasal yang berkaitan dengan regulasi dana nontunai, sukses menambahkan aturan penggunaan rubel digital.

Berdasarkan undang-undang, Bank Rusia ditugaskan untuk menyimpan aset rubel digital dan akan menjadi operator utama infrastruktur rubel digital, menjadikan mata uang digital sebagai CBDC resmi.

Berbeda dengan mata uang crypto seperti Bitcoin, CBDC adalah token terpusat yang nilainya terikat pada mata uang fiat nasional. Dalam hal ini, Rubel Digital akan memiliki nilai yang sama dengan Rubel Rusia.

Proyek lama Rusia yang akhirnya terealisasi

Diskusi tentang rubel digital dimulai pada Oktober 2020 ketika kepala bank sentral memperdebatkan kemungkinan percontohan CBDC.

Rencana soal rubel digital ini menjadi salah satu celah bagaimana Rusia bisa bertahan di balik sanksi Barat.

Seperti diketahui, setelah invasi Rusia ke Ukraina, AS melarang Rusia melakukan pembayaran utang menggunakan mata uang asing yang disimpan di bank AS.

Washington juga membekukan aset Rusia yang berbasis di AS untuk mencegahnya menggunakan cadangan devisanya untuk menopang rubel yang sedang berjuang.

Bukan hanya AS, Inggris juga mengecualikan bank-bank utama Rusia dari sistem keuangan Inggris dan membekukan aset bank Rusia, hingga mencegah perusahaan Rusia meminjam uang.

Namun, hukuman paling berat adalah melarang bank-bank besar Rusia, termasuk Bank Otkritie, Novikombank, Promsvyazbank, Rossiya Bank, Sovcombank, VEB, dan VTB, dari sistem pesan keuangan internasional, Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

SWIFT adalah jaringan yang paling penting dan banyak digunakan oleh lembaga keuangan untuk mengirim dan menerima informasi, seperti instruksi pengiriman uang.

Dengan melarang Rusia dari sistem ini, pembayaran ke negara itu untuk ekspor minyak dan gasnya tertunda, memaksanya untuk menjajaki opsi transfer uang lainnya.

Pada Januari 2023, dilaporkan  bahwa  bank sentral Rusia telah mulai mengeksplorasi penggunaan CBDC untuk menyelesaikan transaksi lintas batas dan menghindari sanksi ekonomi.

Dengan ini, Rusia berpotensi "menjadi kaya" lagi lantaran penjualan sumber daya alam mereka bakal lancar meski tanpa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper