Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki Minta Dispensasi 8 PSN Rampung Semester II/2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta dispensasi untuk penyelesaian 7 proyek strategis nasional (PSN). Apa saja proyeknya?
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Sewindu PSN, di Sheraton, Jakarta, Rabu (26/7/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Sewindu PSN, di Sheraton, Jakarta, Rabu (26/7/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan ada beberapa proyek strategis nasional (PSN) yang belum bisa rampung di semester I/2024, sehingga pihaknya meminta dispensasi agar proyek tersebut dapat selesai di semester II/2024.

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR tengah menyiapkan surat permohonan dispensasi tersebut untuk kemudian diberikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto.

“[Surat permohonan] sudah dibikin oleh Pak Sekjen,” kata Basuki usai menghadiri Sewindu PSN di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Adapun, 8 proyek yang yang dimaksud terdiri dari 5 bendungan dan 3 jalan tol. Kelima proyek bendungan itu adalah Bendungan Bener di Jawa Tengah, Bendungan Lau Simeme di Sumatra Utara, Bendungan Gudong-gudong dan Bulongo di Gorontalo, dan Bendungan Mbay di NTT.

Sementara itu, tiga proyek tol yang baru bisa rampung di semester II/2024 yaitu Jalan Tol Serang - Panimbang, Tol Patimban, dan Tol Semarang - Demak. 

Menurut surat dari Menko Perekonomian, semua PSN ditargetkan rampung paling lambat di semester I/2024. Sejumlah PSN yang ditugaskan ke Kementerian PUPR disanggupi oleh Basuki untuk selesai sesuai target. 

“Bisa kita lakukan, tapi ada beberapa yang semester II [2024]. Semester II ini kami minta dispensasi kepada beliau,” ujarnya. 

Basuki menuturkan, jika tidak ada dispensasi, maka anggaran multiyears contract (MYC) tidak akan dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sehingga pihaknya tengah menyiapkan surat permohonan dispensasi.

Kementerian PUPR sendiri mendapatkan amanah untuk mengerjakan 125 PSN, di antaranya 51 ruas jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, 2 perumahan, 1 tanggul pantai, Indonesia International Islamic University, dan kawasan industri Batang.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mendapat tugas untuk mendukung 6 program PSN di perbatasan yaitu food estate, perbatasan, akses tol exit, pembangunan daerah, KSPN, dan zona ekonomi spesial.

Tercatat hingga Juli 2023, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 87 PSN di antaranya 30 bendungan, 2 irigasi, 27 jalan tol, 4 jalan non tol, 3 SPAM regional, 7 proyek perumahan, dan 7 pintu lintas batas negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper