Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 23 PSN yang Ditargetkan Rampung 2024, Ada Tol Japek II Selatan

Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 23 proyek strategis nasional (PSN) dapat diselesaikan pembangunannya pada 2024. Berikut ini daftarnya.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 23 proyek strategis nasional (PSN) dapat diselesaikan pembangunannya pada 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa dari total 23 PSN yang ditargetkan rampung, 10 di antaranya adalah proyek bendungan.

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa,” kata Basuki dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Minggu (19/7/2023).

Basuki menyatakan pembangunan PSN dilakukan untuk meningkatkan daya saing bangsa serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional bagi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable).

Berikut daftar 23 PSN yang ditargetkan rampung di 2024:

1. Bendungan Tigadihaji di Sumsel

2. Bendungan Bener di Jateng

3. Bendungan Jragung di Jateng

4. Bendungan Bagong di Jatim

5. Bendungan Marangkayu di Kaltim

6. Bendungan Meninting di NTB

7. Bendungan Manikin di NTT

8. Bendungan Way Apu di Maluku

9. Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo

10. Bendungan Budong–Budong di Sulbar

11. Jaringan Irigasi di DI Lhok Guci

12. Jaringan Irigasi DI Jambo Aye di Aceh

13. Jaringan Irigasi DI Lematang di Sumsel

14. Jaringan Irigasi DI Glapan di Jateng

15. Jaringan Irigasi DI Gumbasa di Sulteng

16. Jaringan DI Baliase di Sulsel

17. Tanggul Pantai Jakarta-Jabar-Banteng

18. Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

19. Jalan Tol Bogor Ring Road 3

20. Jalan Tol Serang-Panimbang

21. Jalan Tol Depok-Antasari

22. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

23. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I.

Sementara itu, pada tahun ini, Kementerian PUPR menargetkan dapat merampungkan 24 PSN. Dari total 24 PSN yang ditargetkan selesai pembangunannya pada tahun ini, Basuki mengatakan bahwa 15 proyek di antaranya adalah bendungan.

Pembangunan sejumlah bendungan sebagai PSN dilakukan untuk mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan secara nasional.

Adapun, 15 bendungan yang ditargetkan rampung tahun ini yakni Bendungan Keureuto dan Rukoh di Provinsi Aceh, Lausimeme di Sumatra Utara (Sumut), Margatiga di Lampung, Karian di Banten, Cipanas dan Leuwikeris di Jawa Barat (Jabar). 

Selanjutnya Jlantah di Jawa Tengah (Jateng), Sidan di Bali, Sepaku Semoi di Kalimantan Timur (Kaltim), Temef di Nusa Tenggara Timur (NTT), Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat (NTB), Ameroro di Sulawesi Tenggara (Sultra), Pamukkulu di Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Lolak di Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu, Kementerian PUPR juga menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi untuk Daerah Irigasi (DI) Lempuing di Sumatra Selatan (Sumsel).  

PSN yang ditergetkan selesai pada 2023 lainnya adalah 5 jalan tol, yakni Tol Sigli – Banda Aceh, Tol Pasuruan – Probolinggo, Tol Cimanggis – Cibitung, Tol Cibitung – Cilincing, dan Tol Cinere – Jagorawi.

Kemudian pembangunan Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma dan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk mendukung perhelatan Asean Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo serta dukungan infrastruktur untuk pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Jateng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper