Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Targetkan 24 PSN Rampung di 2023, Ini Daftarnya

Kementerian PUPR menargetkan dapat merampungkan 24 proyek strategis nasional (PSN) pada tahun ini. Berikut ini daftar proyeknya.
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerja di Trenggalek, Jatim, Selasa (30/11/2021) - BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerja di Trenggalek, Jatim, Selasa (30/11/2021) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dapat merampungkan 24 proyek strategis nasional (PSN) pada tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan sebanyak 24 PSN dan pengembangan kawasan industri dalam tahap konstruksi dapat selesai pada 2023 guna meningkatkan daya saing bangsa serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional bagi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable).

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa,” kata Basuki dalam keterangan resmi, Rabu (19/7/2023).

Dari total 24 PSN yang dibangun, Basuki mengatakan bahwa 15 proyek di antaranya adalah bendungan. Pembangunan sejumlah bendungan sebagai PSN dilakukan untuk mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan secara nasional.

Berikut ini daftar 24 proyek strategis nasional (PSN) yang ditargetkan rampung 2023:

1. Bendungan Keureuto di Aceh

2. Bendungan Rukoh di Aceh

3. Bendungan Lausimeme di Sumatra Utara

4. Bendungan Margatiga di Lampung

5. Bendungan Karian di Banten

6. Bendungan Cipanas di Jawa Barat

7. Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat

8. Bendungan Jlantah di Jawa Tengah

9. Bendungan Sidan di Bali

10. Bendungan Sepaku Sempi di Kalimantan Timur

11. Bendungan Temef di NTT

12. Bendungan Tiu Suntuk di NTB

13. Bendungan Ameroro di Sultra

14. Bendungan Pamukkulu di Sulsel

15. Bendungan Lolak di Sulit

16. Jaringan Irigasi untuk Daerah Irigasi (DI) Lempuing di Sumsel

17. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

18. Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

19. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

20. Jalan Tol Cibitung-Cilincing

21. Jalan Tol Cinere-Jagorawi

22. Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma

23. Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk mendukung perhelatan Asean Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo

24. Dukungan infrastruktur untuk pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Jateng

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melaporkan bahwa hingga periode 7 Juli 2023, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menggelontorkan dana Rp113,68 triliun untuk pengadaan lahan pembangunan infrastruktur nasional.

Mengutip informasi yang dibagikan DJKN dalam akun instagram resminya @ditjenkn, total dana pengadaan lahan tersebut diperuntukkan untuk membiayai 114 proyek strategis nasional (PSN).

"Sampai dengan Juli 2023, LMAN telah mendanai pembiayaan lahan terhadap 114 PSN dengan total realisasi sebesar Rp113,896 triliun," jelas DJKN, dikutip Minggu (16/7/2023).

Secara lebih terperinci, pembiayaan pengadaan lahan untuk pembangunan jalan tol menjadi yang paling jumbo yaitu mencapai Rp96,45 triliun yang mengakomodir pengadaan lahan untuk 52 proyek jalan tol.

Kemudian, DJKN juga mencatat pembiayaan pengadaan lahan sebesar Rp12,36 triliun untuk membangun 38 bendungan dan 9 jalur kereta senilai Rp3,08 triliun.

Selanjutnya, sebesar Rp800 miliar digelontorkan untuk pembiayaan satu pelabuhan, Rp610 miliar untuk pembangunan irigasi, satu proyek air baku senilai Rp66 miliar dan Rp85 miliar untuk satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Di samping itu, pemerintah melalui DJKN dan LMAN juga telah menggelontorkan Rp252 miliar untuk pengadaan lahan pembangunan 6 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper