Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geo Dipa Ungkap Kelebihan Energi Panas Bumi untuk Dukung Target Net Zero Emission 2060

Geo Dipa Energi mengungkap kelebihan energi panas bumi atau geothermal untuk untuk mendukung target net zero emission 2060 di Indonesia.
Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Patuha, Ciwidey, Bandung yang dioperasikan oleh PT Geo Dipa Energi (Persero). JIBI/Feni Freycinetia
Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Patuha, Ciwidey, Bandung yang dioperasikan oleh PT Geo Dipa Energi (Persero). JIBI/Feni Freycinetia

Bisnis.com, BANDUNG – PT Geo Dipa Energi (Persero) menegaskan bahwa energi panas bumi atau geothermal merupakan sumber energi yang dapat diandalkan untuk mendukung ketahanan energi menuju target net zero emission di Indonesia pada 2060. 

Direktur Operasi dan HSSE GeoDipa Supriadinata Marza menjelaskan bahwa GeoDipa sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan, memiliki tugas untuk melakukan pengembangan PLTP di Dieng dan Patuha serta wilayah kerja penugasan lainnya. Di samping itu, GeoDipa juga memiliki tugas untuk mempercepat pertumbuhan pemanfaatan panas bumi di Indonesia.

“Kami sebagai SMV, diharapkan mampu mengurangi resiko pengusahaan di sektor hulu panas bumi dimana selama ini menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pengembang atau badan usaha dalam melakukan pembangunan PLTP melalui derisking dan debottlenecking,” ujarnya dalam kegiatan Media Visit di Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Patuha, Ciwidey, Bandung, Sabtu (15/7/2023).

Dia menuturkan GeoDipa saat ini telah mengoperasikan PLTP di Dieng dan Patuha untuk unit 1 dengan masing-masing berkapasitas 60 MW installed capacity. Saat ini, GeoDipa sedang melakukan pengembangan untuk unit 2 di Dieng dan Patuha dengan kapasitas masing-masing sebesar 60 MW.

Selain itu, GeoDipa juga mendapat penugasan dari pemerintah untuk melakukan pengusahaan panas bumi di WKP Candi Umbul Telomoyo dengan potensi sebesar 54 MW dan WKP Arjuno Welirang dengan potensi sebesar 230 MW.

Seperti diketahui sebelumnya, Indonesia berada di kawasan ring of fire, dimana Indonesia menyimpan 40 persen cadangan panas bumi dunia. Berdasarkan data Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), total potensi energi panas bumi Indonesia diperkirakan mencapai 23,7 GW.

Menurutnya, pengembangan energi panas bumi sebagai salah satu sumber energi terbarukan menjadi sangat penting dalam menjamin ketahanan dan keamanan energi nasional. Panas bumi juga bisa menjadi base load, karena bisa beroperasi selama 24 jam dan tidak terpengaruh kondisi.

“Untuk mendukung dan menjami ketahanan energi, panas bumi dapat diandalkan. Bicara ketahanan energi, mandiri energi, ya geothermal. Karena tidak adal lagi biaya untuk transportasi seperti batu bara, tidak ada lagi ketergantungan terhadap harga jual komoditas seperti batu bara dan migas,” katanya.

General Manager GeoDipa Unit Patuha Ilen Kardani menjelaskan bahwa produksi listrik yang dihasilkan oleh PLTP lebih stabil. Hal ini dikarenakan PLTP tidak terkendala dengan intermitensi. Panas bumi juga dikatakannya dapat beroperasi secara berkelanjutan serta mendukung pencapaian target Net Zero Emission 2060.

Dalam kegiatan operasional PLTP di Patuha, Ilen mengatakan bahwa GeoDipa berkomitmen terhadap aspek Keamanan dan Keselamatan Kerja.

"Hal tersebut tercermin dari pencapaian kinerja K3LL, di mana GeoDipa Unit Patuha berhasil menerapkan system kerja operasional yang aman tanpa adanya kecelakaan kerja selama lebih dari 6,5 juta jam sejak 2014," jelasnya. 

Pada 2022, GeoDipa Unit Patuha berhasil mendapatkan beberapa penghargaan di bidang K3LL, yaitu safe working hours selama 6.052.478 jam, PROPER Hijau, Subroto Award, Penilaian SMK3 PP50, Sertifikasi ISO 14001:2015, penghargaan Gubernur Jawa Barat P2K3 Kategori Platinum, dan penghargaan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper