Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PMC 2023, Kemitraan Asean-India 96 Persen Terimplementasi

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan kerja sama Asean-India telah terimplementasi 96 persen.
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bersama 10 Menlu Asean dalam rangkaian acara Asean Ministerial Meeting (AMM) 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta./Dok. Kemlu RI.
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bersama 10 Menlu Asean dalam rangkaian acara Asean Ministerial Meeting (AMM) 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta./Dok. Kemlu RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Singapura Vivian Balakrishnan membuka pertemuan Asean-India, dalam Asean Post Ministerial Conference (PMC) 2023.

Dia mengatakan hubungan Asean dengan India telah membuat kemajuan untuk meningkatkan kerja sama di masa depan. 

"Pada peringatan 30 tahun dialog Asean-India, hubungan kami telah membuat kemajuan yang sangat baik dalam memberikan hasil yang substantif untuk meningkatkan kerja sama kami," katanya, dalam pertemuan PMC 2023, di Hotel Shangri-la Jakarta, pada Kamis (13/7/2023). 

Balakrishnan mengatakan telah meningkatkan hubungan dengan India dalam Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP). 

"Selama tahun lalu, kami telah meningkatkan hubungan kami menjadi kemitraan strategis yang komprehensif (CSP) dan menjadi fokus kami," tambahnya. 

Berdasarkan data, Menlu Singapura mengatakan sekitar 96 persen kerja sama Asean-India telah terimplementasi, dan dicapai dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun. 

"Sekitar 96 persen dari kerja sama Asean-India telah diimplementasikan dan hal ini dicapai dalam waktu kurang dari 2 tahun setelah pengadopsiannya," ujarnya. 

Dia mengatakan hubungan dengan India terus meluas, salah satunya telah terselenggaranya pertemuan informal Menteri Pertahanan Asean-India. 

"Hubungan dengan India terus meluas ke bidang-bidang baru yang menjadi kepentingan bersama dan saya senang untuk mencatat, misalnya, bahwa para menteri pertahanan kami bertemu untuk pertemuan informal Menteri Pertahanan Asean India di sela-sela ADMM plus (Asean Defence Minister's Meeting Plus) di CME Group pada November 2022," ucapnya. 

Selain itu, Asean-India juga mengadakan latihan maritim angkatan laut pada Mei lalu. Selain itu juga dialog tahunan tentang kerja sama maritim. 

"Angkatan laut kami mengadakan latihan maritim Asean India pada bulan Mei tahun ini, kemudian kami saat ini bekerja sama dengan India untuk mengadakan dialog tahunan Asean-India tentang kerja sama maritim," ucapnya. 

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa pembicaraan dengan India juga untuk KTT Asean-India pada September 2023.

"Kami juga bertujuan Asean-India ini dapat menyelesaikan pembicaraan tentang kerja sama maritim untuk KTT Asean-India ke-20 pada September mendatang," tambahnya. 

Sementara itu, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar menyatakan rasa terima kasihnya kepada Indonesia karena mengamankan negaranya secara geopolitik. 

"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan saya atas upaya Indonesia dalam mengamankan kami yang masih muda di bawah skenario geopolitik saat ini dengan visi Asean dan pendekatan perdamaian," ujarnya. 

Seperti diketahui, Post Ministerial Conference (PMC) 2023 dihadiri oleh 10 negara Asean dan India, yang digelar di Hotel Shangri-La Jakarta, sekitar pukul 08.30 WIB, pada Kamis (13/7/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper