Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menilik LRT Jabodebek Lebih Dekat, Kereta Canggih Tanpa Masinis

Bisnis.com membagikan pengalaman naik LRT Jabodebek saat periode uji coba operasional terbatas.
Tampilan LRT Jabodebek./ Dok. Istimewa
Tampilan LRT Jabodebek./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - LRT Jabodebek telah resmi memulai uji coba operasional terbatas atau soft launching pada hari ini, Rabu (12/7/2023).

Sebagai informasi, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek akan dilakukan secara bertahap. Pertama, mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Tahap kedua, mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Bisnis.com berkesempatan menjajal LRT Jabodebek pada hari pertama uji coba operasional terbatas dari Stasiun Harjamukti, Depok. Uji coba operasional tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.

Berdasarkan pantauan, akses menuju Stasiun Harjamukti dapat menggunakan layanan Transjakarta dan ojek serta taksi online. Selanjutnya, untuk akses ke peron, penumpang harus melakukan tap-in dengan menggunakan KMT atau kartu uang elektronik dan kemudian menaiki eskalator atau tangga yang tersedia.

LRT Jabodebek tapping
LRT Jabodebek tapping

Petugas di Stasiun Harjamukti membantu seorang peserta uji coba LRT Jabodebek melakukan tap-in kartu pada Rabu (12/7/2023)./ BISNIS - Lorenzo A. Mahardhika.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Stasiun Harjamukti meliputi toilet pria dan wanita, ruang menyusui, ruang kesehatan, dan musala. Stasiun Harjamukti juga menyediakan fasilitas pengisi daya atau charging station yang nantinya dapat digunakan oleh para penumpang.

Sementara itu, rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta. Saat memasuki kereta, terasa udara sejuk yang berasal dari pendingin udara di kereta LRT Jabodebek. Masing-masing kereta memiliki tiga pintu otomatis di sisi kanan dan kiri yang digunakan untuk keluar-masuk penumpang.

Suasana di dalam LRT Jabodebek
Suasana di dalam LRT Jabodebek

Suasana di dalam LRT Jabodebek saat uji coba operasional terbatas, Rabu (12/7/2023)./ BISNIS - Lorenzo A. Mahardhika.

Sementara itu, interior dari rangkaian kereta didominasi oleh warna putih dengan warna hijau dan abu-abu pada lantai kereta. Pada setiap kereta terpantau ada 8 set tempat duduk berwarna biru muda. Masing-masing rangkaian kursi memiliki kapasitas 4 hingga 6 orang. Adapun, tempat duduk pada LRT Jabodebek terbilang cukup nyaman.

Untuk penumpang yang tidak kebagian tempat duduk, kereta LRT Jabodebek juga dilengkapi oleh hand strap sebagai pegangan untuk penumpang yang berdiri. Di atas tempat duduk juga terdapat kompartemen yang dapat digunakan penumpang untuk menyimpan barang bawaannya.

Adapun, perjalanan uji coba hari ini melintasi sebanyak 12 stasiun, termasuk Stasiun Harjamukti yang menjadi stasiun awal. Perjalanan dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas ditempuh dalam waktu sekitar 52 menit. Kereta terpantau berangkat pada pukul 10.01 WIB dan tiba di Stasiun Dukuh Atas pada pukul 10.53 WIB.

Stasiun Harjamukti
Stasiun Harjamukti

Pintu masuk menuju LRT di Stasiun Harjamukti, Rabu (12/7/2023)./ BISNIS - Lorenzo A. Mahardhika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper