Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuti Bersama Iduladha 2023, Lalu Lintas Angkutan Barang Sumbu Tiga Dibatasi

Polri akan lakukan rekayasa lalu lintas pada saat cuti bersama Iduladha 2023 untuk mengurai kepadatan kendaraan, salah satunya pembatasan angkutan barang
Cuti Bersama Iduladha 2023, Lalu Lintas Angkutan Barang Sumbu Tiga Dibatasi. Iliustrasi truk barang besar./Bisnis-Istimewa
Cuti Bersama Iduladha 2023, Lalu Lintas Angkutan Barang Sumbu Tiga Dibatasi. Iliustrasi truk barang besar./Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Polri akan lakukan rekayasa lalu lintas pada saat cuti bersama Iduladha 2023 untuk mengurai kemacetan. Upaya lainnya adalah dengan membatasi lalu lintas kendaraan barang bersumbu tiga ke atas.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa dengan adanya libur bersama dan cuti bersama di Iduladha 2023, pihak diprediksi akan adanya peningkatan arus.

Arus tersebut diprediksi akan terjadi baik mengarah ke Barat (Sumatra), ke Timur (Jawa) dan ke Selatan (Bogor dan Bandung). 

"Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri, apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow satu lajur, dua lajur," ujar Aan Suhanan di Gedung NTMC, Rabu (28/6/2023).

Selain memperlancar arus yang melintas di tol, Aan juga menyebut bahwa jalur arteri juga akan dilakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas, yang sudah berjalan sejak 27 Juni 2023, dengan waktu yang sudah di tentukan. 

Pembatasan tersebut dikhususkan untuk kendaraan sumbu tiga mulai jam 04.00 WIB tanggal 27-28 Juni 2023 pukul 23.59 WIB.

“Kemudian pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juni 2023, hari Minggu juga akan melakukan pembatasan sumbu 3 ke atas di ruas jalan tertentu untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat cuti bersama di Iduladha tahun 2023," ujarnya.

Aan juga mengatakan bahwa untuk mencegah kepadatan yang mengarah tempat wisata, petugas Kepolisian juga melakukan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk mengantisipasi jalur-jalur wisata baik di Jawa dan di luar Jawa.

Nantinya, pihak kepolisian akan melakukan rekayasa seperti sistem contraflow atau oneway terhadap lalu lintas yang mengarah ke tempat wisata.

"Petugas Kepolisian sudah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada saat terjadi kepadatan di jalur-jalur wisata ini, bisa pengalihan arus kemudian bisa contraflow atau oneway menuju ke tempat wisata," ucap Aan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper