Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2023, Ada Jakarta?

The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis daftar 10 kota paling layak huni di dunia pada 2023. Apakah Jakarta masuk dalam daftar?
Cafe Central di Kota Wina Austria./Istimewa
Cafe Central di Kota Wina Austria./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis daftar kota paling layak huni di dunia pada 2023. Berdasarkan laporan EIU, indeks kelayakan huni secara global pada 2023 mencapai yang tertinggi dalam 15 tahun terakhir. 

Melansir dari situs resmi EIU, rata-rata skor indeks kelayakan huni kota-kota di dunia pada 2023 mencapai 76,2 dari 100, meningkat tepat 3 skor dari tahun sebelumnya.

Indeks kelayakan huni ini dihitung dari sejumlah indikator, yakni stabilitas, kesehatan, kultur dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Dari sejumlah indikator yang dihitung, indikator kesehatan yang paling pesat kemajuannya. Artinya, kesehatan masyarakat pada 173 kota yang diikutsertakan dalam perhitungan semakin baik. 

EIU melaporkan dari 10 kota yang paling layak huni di dunia, tiga di antaranya ada di Kanada dan dua di antaranya berada di Australia.

Berikut daftar 5 kota di dunia yang paling layak huni menurut EIU 2023: 

1. Vienna, Austria 

Vienna kembali menjadi kota paling layak huni di dunia tahun ini. Sebelumnya, peringkat ibukota Australia ini sempat turun pada 2021 akibat pandemi Covid-19.

Indeks kelayakan huni yang menyentuh angka 98,4 ini merupakan kombinasi dari skor sempurna yang didapat pada hampir seluruh indikator, kecuali kultur dan lingkungan yang mendapat skor 93,5.

2. Copenhagen, Denmark

Sama halnya dengan peraih peringkat satu, Copenhagen juga mempertahankan peringkat keduanya sejak tahun lalu. 

Ibu Kota Denmark ini juga menghimpun skor 98 untuk indeks kelayakan huni dari skor sempurna pada mayoritas indikator, kecuali indikator kesehatan serta kultur dan lingkungan yang masing-masing memperoleh skor 95,8 dan 95,4. 

3. Melbourne, Australia

Melbourne menjadi kota di benua Australia lainnya yang menduduki posisi teratas kota paling layak dihuni di dunia. 

Melbourne meraih skor 97,7 untuk indeks kelayakan huni. Berbeda dengan dua kota di peringkat atas, indikator stabilitas Melbourne memperoleh skor 95. Sementara itu, kultur dan lingkungan memperoleh skor 95,8, indikator lainnya memperoleh skor sempurna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper