Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Hamka Temui Mahfud MD hingga Bantah Punya Utang ke Negara

Bos PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jusuf Hamka telah bertemu dengan Menkopolhukam Mahfud MD.
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka - Instagram
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Bos PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jusuf Hamka telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD.

Pertemuan tersebut dilakukan usai Mahfud mengakui adanya sederet utang negara yang belum dibayarkan pemerintah kepada pihak swasta, termasuk kepada Jusuf Hamka. 

"Tadi ketemu Pak Menko Polhukam, pagi nya ketemu Sesmenkopolhukam bagus lah responnya beliau selain amanah, beliau ksatria, berani ngakuin negara memang salah," kata Jusuf kepada Bisnis, Selasa (13/6/2023). 

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Babah Alun itu juga menunjukkan sejumlah bukti dokumentasi untuk membuktikan bahwa dirinya tak memiliki utang kepada negara. 

Hal tersebut merujuk pada tuduhan Direktur Jenderal Kekayaan Negara sekaligus Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban yang mengatakan CMNP milik Jusuf Hamka juga memiliki utang ratusan miliar ke negara.

Menurut Rionald, tiga perusahaan di bawah CMNP tercatat masih memiliki utang ratusan miliar terhadap negara terkait dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). CMNP pun diklaim terafiliasi dengan 3 perusahaan tersebut. 

Keterkaitan ini yang membuat Kementerian Keuangan masih mencari kewajiban negara dalam membayarkan utangnya kepada Jusuf Hamka.

"Saya dianggap berafiliasi dengan pemegang saham lama, saya kan sudah gugat saya sudah menang di pengadilan MA tahun 2010 saya menang bhwa saya ga ada afiliasi. Kalau dia bilang terafiliasi saya sudah janjiin 100 kali lipat, taunya dia sudah bantah sekarang," ujarnya. 

Dia bahkan berani mengajak taruhan, jika CMNP memang terbukti memiliki utang ke negara Rp775 miliar, maka dia akan membayar utang itu 100 kali lipat atau Rp70 triliun. 

"Saya kasih dokumentasi apa yang saya udah ada, bahwa kalau dia bilang terafiliasi saya sudah janjiin 100 kali, taunya dia sudah bantah sekarang," ujarnya. 

Klarifikasi Kementerian Keuangan

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Rionald Silaban mengklarifikasi ucapannya terkait polemik utang CMNP sebesar Rp775 miliar yang ditagih pemerintah. 

"Waktu saya bilang grup Citra itu, itu grup Citra yang namanya Citra Lamtoro Gung. Urusan saya itu masih ada 3 di grup Citra yang saya tagih, itu berbeda dengan CMNP," ujarnya kepada wartawan di gedung DPR RI, Selasa (13/6/2023). 

Adapun, saat ini pemerintah masih berusaha menagih utang kepada PT Citra Lamtoro Gung Persada yang terafiliasi dengan kepemilikan putri mendiang Presiden Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto. 

"Kami terus tagih yang 3 grup Citra, Mbak Tututnya kan kita panggil," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper