Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Kereta Tercepat di Dunia, Meluncur Secepat Kilat!

Beberapa negara berlomba-lomba mengembangkan transportasi massal salah satunya kereta cepat. Berikut ini daftar 10 kereta tercepat di dunia.
Ilustrasi: Kereta cepat Jepang/Reuters
Ilustrasi: Kereta cepat Jepang/Reuters

Bisnis.comJAKARTA - Beberapa negara berlomba-lomba mengembangkan transportasi massal salah satunya kereta cepat yang dapat memangkas waktu tempuh secara signifikan.

Terbaru, Jepang tengah mengembangkan kereta tercepat yang pernah ada bernama The Linear Chuo Shinkansen jenis Maglev. Kereta ini memiliki kecepatan rata-rata 500 km per jam.

Dengan kecepatannya itu, perjalanan Yamanashi dan Tokyo dapat ditempuh dalam waktu sekitar 25 menit, serta Tokyo dan Osaka hanya dalam satu jam saja. Kendati demikian, kereta ini baru beroperasi secara resmi pada 2027 mendatang.

Berikut daftar 10 kereta tercepat di dunia yang saat ini beroperasi, melansir CN Traveler, Selasa (13/6/2023):

1. Shanghai Maglev - 430 km per jam

Kereta dengan kecepatan rata-rata 430 km per jam ini faktanya dapat dinaiki hanya dengan membayar sekitar 50 yuan per orang per perjalanan.

Kereta ini hanya membutuhkan waktu lebih dari tujuh menit untuk menyelesaikan perjalanan dari Bandara Internasional Pudong Shanghai ke stasiun Longyang di pinggiran kota. Adapun kereta ini beroperasi sejak 2004.

2. Fuxing Hao CR400AF/BF - 400 km per jam

China kembali menempati posisi kedua dalam daftar ini. Fuxing Hao menjadi rumah bagi kereta non-Maglev tercepat di dunia yang saat ini beroperasi.

Fuxing Hao diterjemahkan menjadi peremajaan, dan masing-masing kereta diberi nama panggilan. Misalnya, CR400AF adalah Dolphin Blue dan CR400BF adalah Golden Phoenix. CR sendiri merupakan singkatan dari China Railway.

Kedua kereta ini membutuhkan waktu kurang dari lima jam untuk mengangkut 556 penumpang, masing-masing antara Stasiun Beijing Selatan dan Shanghai Hongqiao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Kereta Cepat Buatan Jepang
Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper