Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inovasi Karyawan Bikin Petrokimia Gresik Raup Cuan Rp67,9 Miliar

PT Petrokimia Gresik meraup cuan Rp67,9 miliar dari beragam inovasi besutan para karyawan sepanjang 2022. 
Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo meninjau gudang pupuk di Jawa Tengah. /PG Petrokimia Gresik
Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo meninjau gudang pupuk di Jawa Tengah. /PG Petrokimia Gresik
Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pelat merah anggota holding BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Petrokimia Gresik meraup cuan Rp67,9 miliar dari beragam inovasi besutan para karyawan sepanjang 2022. 
Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa berbagai inovasi tersebut mampu menciptakan nilai tambah sebesar Rp277,9 miliar. Bahkan, sebesar hampir 25 persen di antaranya atau senilai Rp67,9 miliar, telah berdampak langsung terhadap laba perusahaan alias menjadi direct financial benefit
“Persaingan pasar semakin kompetitif, di sisi lain perkembangan teknologi juga terus membawa perubahan sistem yang mengharuskan Petrokimia Gresik adaptif. Untuk itu, seluruh Insan Petrokimia Gresik harus terus berpikir inovatif untuk membawa perusahaan ini tumbuh dan melampaui batas maksimal,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (9/6/2023).
Upaya penciptaan nilai tambah ini merupakan sumbangsih dari 91 persen karyawan inovatif di sepanjang tahun 2022 yang tergabung dalam 1.599 Gugus Inovasi. Besarnya value creation ini menjadi bukti jika inovasi yang dijalankan Insan Petrokimia Gresik mampu membawa perusahaan untuk terus tumbuh.
Keterlibatan karyawan ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 81 persen dan tergabung dalam 1.158 gugus inovasi. Ini menjadi salah satu bukti bahwa semangat inovasi di Petrokimia Gresik terus tumbuh dan mendarah daging menjadi DNA dalam setiap Insan Petrokimia Gresik.
“Kompetisi saat ini tidak nampak, karena persaingan bisnis yang ada sekarang adalah persaingan ide dan kreativitas, bagaimana cara pelaku usaha bisa menjadi leader dengan melakukan drive pasar. Semua itu hanya bisa dimenangkan dengan berinovasi,” tambah Dwi.
Adapun, inovasi Petrokimia Gresik pada 2022 pun membuahkan sejumlah prestasi. Antara lain pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2022, Petrokimia Gresik berhasil meraih sebelas Diamond, enam Platinum, dan dua Gold. Selain itu, Petrokimia Gresik dan Petrokimia Gresik Group juga mendapatkan lima penghargaan ‘4STARS’ di ajang Internasional Asia Pacific Quality Organization (APQO) 2022.
“Kami berharap keterlibatan karyawan dalam berinovasi yang sudah luar biasa pada tahun ini bisa semakin meningkat tahun depan, sehingga Petrokimia Gresik semakin siap menghadapi tantangan,” tutup Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper