Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Makassar-Parepare Tak Gratis Lagi, Tarif Mulai Rp5.000 per 1 Juni

Naik KA Makassar-Parepare tak lagi gratis seiring dengan pengenaan tarif mulai Rp5.000 per 1 juni 2023.
Masyarakat menggunakan KA Makassar-Parepare dari Stasiun Mandalle./ Dok. Kemenhub
Masyarakat menggunakan KA Makassar-Parepare dari Stasiun Mandalle./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan akan segera mengoperasikan KA Makassar-Parepare secara berbayar. Pelaksanaan tersebut akan dilakukan mulai Kamis (1/6/2023) besok dengan tarif ditentukan pada setiap tujuan akhir stasiun.

Dalam keterangan resminya pada Rabu (31/5/2023), pemberlakuan tarif kereta api sudah ditetapkan berdasarkan kajian Ability To Pay dan Wilingness To Pay pada 2022. Tarif angkutan orang dengan Kereta Api Perintis bergantung terhadap ketentuan jarak dan stasiun yang dituju oleh penumpang.

Secara terperinci, penumpang yang naik kereta api dari Stasiun Maros - Labakkang dikenakan tarif Rp5.000, Stasiun Labakkang - Garongkong Rp5.000, kemudian Stasiun Maros – Barru – Garongkong sebesar Rp10.000.

Pola perjalanan kereta api pada tiket berbayar akan dilaksanakan dari Stasiun Maros – Garongkong pulang pergi, dalam 4 kali jumlah perjalanan kereta api. Keberangkatan pertama dari Stasiun Maros pukul 08.30 WITA, kedua, keberangkatan dari Stasiun Garongkong pada pukul 10.45 WITA.

Kemudian, keberangkatan ketiga pada siang hari dari Stasiun Maros pukul 14.00 WITA dan keberangkatan kereta terakhir dari Stasiun Garongkong pada pukul 16.15 WITA. Rute layanan perjalanan kereta api lainnya dapat diakses melalui Instagram @bpkasulsel atau informasi di stasiun terdekat dengan masyarakat.

Untuk mendapatkan pelayanan, calon penumpang dapat langsung hadir di stasiun dengan waktu layanan yang dimulai pada jam 07.00 WITA keberangkatan pagi hari dan pukul 12.00 untuk keberangkatan siang hari. Penumpang diimbau dalam pembelian tiket membawa uang pas pada saat pembelian tiket kereta api. 

Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan berharap dengan berlaku nya pengoperasian kereta api secara berbayar, penumpang harus lebih disiplin, menjaga barang bawaan nya, memprioritaskan lansia/berusia lanjut, disabilitas dan wanita hamil untuk memberikan tempat duduk yang telah tersedia. 

Selanjutnya, penumpang dilarang membawa senjata tajam, duduk di lantai dan membawa makanan kedalam kereta api sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lain. BPKA Sulsel selalu terbuka dalam menerima masukan yang konstruktif untuk perbaikan pelayanan penumpang serta diharapkan ada kolaboratif komunikasi untuk menjaga serta memajukan pelayanan Kereta Api Makassar-Parepare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper