Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek IKN, Menteri PUPR Tunggu Aksi Nyata 95 Investor Singapura

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap sebanyak 95 calon investor dari Singapura bisa melakukan aksi nyata dengan segera menanamkan modalnya di proyek IKN.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap sebanyak 95 calon investor dari Singapura yang mengunjungi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa segera melakukan aksi nyata untuk menanamkan modalnya.

Basuki Hadimuljono menyambut kehadiran 95 orang investor dari Singapura di area proyek pembangunan IKN yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Singapore Business Visit to IKN Nusantara, Rabu (31/05/2023).

“Kami harap kunjungan ini akan berkesan bagi Singapura dan yang paling penting jangan hanya sekadar tertarik, tapi mulai mengambil keputusan untuk berinvestasi di IKN Nusantara, karena telah banyak MOU dan LoI yang masuk, dan sekarang waktu yang tepat untuk eksekusi,” jelasnya, dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Investasi/ BKPM dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Juga sebagai tindak lanjut atas ketertarikan dari para investor Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara.

Basuki mengatakan pembangunan IKN Nusantara telah dilaksanakan oleh pemerintah dan IKN Nusantara telah mulai untuk diwujudkan secara nyata.

“Penyediaan infrastruktur dasar akan menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR sampai pada Tahap I di 2024 dan selanjutnya akan terus bertahap, karena pembangunan IKN bukan artist drawing tetapi engineering drawing yang akan diimplementasikan,” kata Basuki. 

Basuki berharap dengan kunjungan tersebut para investor Singapura tidak ragu mengambil keputusan karena akan berdampak positif bagi kerja sama kedua negara ke depannya, khususnya dalam rencana investasi pengembangan IKN Nusantara.

Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis H. Sumadilaga juga menambahkan, pada Tahap I Pemerintah Indonesia mengembangkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di zona 1A. 

Seeing is believing, pada site visit nanti kita akan melihat langsung proses konstruksi di zona 1A. Saat ini progres fisik pembangunannya telah mencapai 29,45 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam kegiatan Leaders Retreat di Singapura pada Maret 2023, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa terdapat sekitar 20 perusahaan swasta Singapura yang menyampaikan surat ketertarikan atau Letter of Intent (LoI) untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper