Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 1 Juni, KAI Daop 1 Jakarta Tambah 3 Jadwal KA Jarak Jauh

PT KAI Daop 1 Jakarta akan menambah 3 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh terkait dengan Gapeka 2023 per 1 Juni.
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi
Perjalanan dengan kereta api/pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 3 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) baru saat pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) yang baru pada 1 Juni 2023.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan pada Gapeka 2023 akan terdapat 3 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta, sehingga, total perjalanan dari 141 KA akan menjadi 144 KA.

Secara rinci, ketiga perjalanan baru tersebut adalah KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng dengan keberangkatan pukul 06.20 WIB, kemudian KA Manahan relasi Gambir – Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB.

Terakhir, ada juga KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya Pasarturi - Jember dengan keberangkatan pukul 20.05 WIB.

“Secara total, terdapat penambahan 62 perjalanan KA di area Daop 1 Jakarta dari semula 1.462 KA menjadi 1.524 KA. Penambahan perjalanan lainnya yakni KA Lokal dan KRL,” jelas Eva dalam keterangan resminya, Sabtu (13/5/2023).

Eva melanjutkan, pemberlakuan Gapeka 2023 memberikan manfaat yang dapat langsung dirasakan pelanggan yakni efisiensi waktu perjalanan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KAJJ sebesar total 2.512 menit per hari. Secara rinci, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi. 

Salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit. Ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit. 

Selain itu, pemberlakuan Gapeka baru juga akan berdampak pada perubahan jam keberangkatan sejumlah perjalanan KAJJ. Dia mencontohkan, contoh KA Gumarang relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB.

Seiring dengan hal tersebut, Eva mengimbau kepada seluruh calon penumpang untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipilih sebelum melakukan transaksi pembelian tiket. Calon penumpang juga perlu memperhatikan jadwal keberangkatan yang sudah dipilih serta mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun.

“Punmpang diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satu nya terlambat boarding atau tertinggal KA,” lanjutnya.

Untuk perencanaan perjalanan yang baik masyarakat disarankan sudah membeli tiket sejak jauh hari, mengingat tiket sudah dapat dibeli sejak 30 hari sebelum jadwal keberangkatannya (H-30). Pengecekan jadwal keberangkatan KA, ketersediaan tempat duduk dan pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun channel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper