Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apple Siap Agresif di Pasar Negara Berkembang, Dimulai dari India

Pasar India akan memberikan lebih banyak peluang untuk pertumbuhan Apple Inc., dengan populasi muda dan iPhone yang masih relatif sedikit.
CEO Apple Tim Cook/apple.com
CEO Apple Tim Cook/apple.com

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Apple Inc. mencatat peningkatan penjualan produk iPhone pada pekan ini, sekalipun saat ini pasar ponsel global sedang mengalami pelemahan. Adapun CEO Apple Tim Cook memuji pasar negara berkembang seperti India di mana perusahaan dinilai berhasil memikat pasar dengan mayoritas pengguna ponsel Android.

Menurut Cook, pasar India akan memberikan lebih banyak peluang untuk pertumbuhan, dengan populasi muda dan iPhone yang masih relatif sedikit.

Setelah informasi tersebut, saham Apple melonjak lebih dari 4 persen pada perdagangan Jumat (5/5/2023) waktu setempat di Wall Street. 

Apple mengatakan bahwa penjualan iPhone naik sebanyak 1,5 persen menjadi US$51,3 miliar pada kuartal fiskal kedua tahun ini. Tidak hanya itu, data pada perusahaan riset Canalys, menunjukkan bahwa Apple memperoleh pangsa pasar dari ponsel Android.

Apple mengungkap bahwa mereka mencatat rekor pada penjualan di beberapa negara di Asia Selatan, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

"Kami berupaya di sejumlah pasar ini dan benar-benar melihat, terutama mengingat pangsa kami yang rendah dan dinamika demografis, peluang besar bagi kami di pasar tersebut," kata Cook saat pemaparan kinerja kepada investor, mengutip Reuters, Sabtu (6/5/2023)

Beberapa waktu terakhir, Apple telah membuka dua toko ritel pertama di Mumbai dan New Delhi. Namun, hingga sampai sekarang, Apple belum mengungkap pendapatannya dari negara tersebut.

Sementara itu, Cook mengatakan kepada investor bahwa Apple mencatat rekor triwulanan dan persentase pertumbuhan dalam dua digit yang sangat kuat dari tahun.

"Ada banyak orang yang datang ke kelas menengah, dan saya benar-benar merasa bahwa India berada di titik kritis, dan senang berada di sana," kata Cook dalam telekonferensi.

Cook juga yakin bahwa Apple memiliki peluang bertumbuh di India pada bidang jasa, tetapi membutuhkan waktu untuk aspek bisnis dan pendapatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kathleen Dewitri
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper