Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Jual 3 Juta Tiket Kereta Api Selama Mudik Lebaran 2023

KAI mencatat telah menjual sebanyak 3 juta tiket kereta api selama mudik Lebaran 2023.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah tiket kereta api (KA) jarak jauh yang terjual pada masa angkutan Lebaran 2023 telah menyentuh angka 3 juta tiket.

Angka 3 juta tiket KA jarak jauh ini terhitung sejak pembelian dibuka hingga Jumat, 28 April 2023 pukul 07.00 WIB. 

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, jumlah tersebut masih merupakan jumlah sementara, lantaran penjualan tiket untuk mudik maupun arus balik masih berlangsung.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Joni dalam keterangan resminya, Jumat (28/4/2023).

Data ini dihimpun oleh KAI secara nasional, dari Daop 1 Jakarta sampai dengan Daop 9 Jember di Pulau Jawa dan Divre 1 hingga 4 di Sumatra.

Selain itu, dari data nasional KAI juga mencatat KA jarak jauh yang terbanyak dipesan oleh pemudik adalah 18 hingga 20 April 2023 dan 22-28 April 2023 dengan okupansi mencapai 100 persen.

Sementara, tiket KA jarak jauh yang terjual untuk keberangkatan tanggal 16 dan 21 April 2023, tingkat okupansinya mencapai 98 persen dan terakhir tiket untuk keberangkatan tanggal 15 April 2023 dengan okupansi mencapai 97 persen.

Lalu, KAI mencatat untuk stasiun keberangkatan terbanyak selama angkutan mudik 2023 ini meliputi Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Solo Balapan, Malang, Semarang Tawang, Ketapang dan Kiaracondong.

Sementara untuk stasiun kedatangan terbanyak meliputi, Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Semarang Tawang, Malang, Solo Balapan, Ketapang serta Purwokerto.

Dalam angkutan mudik Lebaran tahun ini, KAI mencatat relasi penumpang terbanyak meliputi relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi, Surabaya Pasarturi - Pasar Senen, Gambir - Bandung, Bandung - Gambir.

Lalu relasi Pasar Senen - Malang, Malang - Pasar Senen, Kiaracondong - Surabaya Gubeng, Surabaya Gubeng - Kiaracondong, Pasar Senen - Purwosari serta Pasar Senen - Blitar.

Kemudian tren arus penumpang yang dicatat KAI adalah untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat baik Jakarta ataupun Bandung menuju arah Timur baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Sedangkan untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur menuju arah Barat baik Jakarta ataupun Bandung.

Dalam catatan KAI, KA jarak jauh dengan penumpang terbanyak adalah KA 7049 - KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen; KA 7050 - KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi.

Selanjutnya, KA 189 - KA Joglosemarkerto rute melingkar relasi Solo Balapan–Yogyakarta–Purwokerto–Tegal–Semarang; KA 195 - KA Joglosemarkerto rute melingkar relasi Solo Balapan–Yogyakarta–Purwokerto–Tegal–Semarang; KA 288 - KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang.

Lalu KA 7038C - KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng; KA 7037C - KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong; KA 287 - KA Sri Tanjung relasi Ketapang - Lempuyangan; KA 292 - KA Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari, dan KA 284 - KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper