Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Terkini Pelabuhan Merak: Antrean Mengular, 35 Kapal Beroperasi

Pelabuhan Merak dilaporkan terdapat antrean mengular dengan dominasi kendaraan roda empat jelang puncak mudik 2023.
Kondisi antrean di Pelabuhan Merak./ Dok. Satpel Merak
Kondisi antrean di Pelabuhan Merak./ Dok. Satpel Merak

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi terkini Pelabuhan Merak jelang puncak mudik Lebaran, Banten dilaporkan padat didominasi oleh kendaraan roda empat. Adapun, jumlah kapal penyeberangan yang beroperasi sebanyak 35 unit.

Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten melalui Satuan Tugas Pelayanan Pelabuhan Merak (Satpel Merak) melaporkan kondisi terkini pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kamis (20/4/2023). Dalam laporan tersebut pelabuhan merak dipenuhi kendaraan roda empat.

"Dari hasil pemantauan di lapangan, dapat dilaporkan bahwa Toll Gate reguler maupun eksekutif terpantau padat kedatangan kendaraan," jelas Satpel Merak dalam akun resminya di Instagram, dikutip Kamis (20/4/2023).

Adapun, untuk dermaga reguler dan eksekutif terpantau padat oleh kendaraan. Saat ini kapal yang beroperasi ada 35 unit, 31 untuk dermaga reguler dan 4 di dermaga eksekutif.

Berdasarkan laporan pada pukul 08.00 WIB ini terlihat bahwa kendaraan yang menyeberang didominasi oleh kendaraan pribadi dan bus. Adapun kondisi cuaca arah kecepatan angin dari timur laut kecepatan 1 sampai 3 knot. 

Sebelumnya, berdasarkan catatan Bisnis.com, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sejak Selasa (18/4/2023) malam terpantau pergerakan kendaraan ramai mengalir. 

"Kendati sempat terjadi antrian baik di layanan kapal ekspress Pelabuhan Merak, maupun layanan kendaraan roda dua di Pelabuhan Ciwandan hingga dini hari, tetapi berangsur terurai," ujarnya dalam siaran pers.

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 18 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 19 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-4, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 45 unit kapal. 

Adapun realisasi total penumpang mencapai 129.403 orang atau turun tipis dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 129.866 orang. 

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 16.020 unit atau naik 1 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 15.895 unit.

Realisasi kendaraan roda dua mencapai 11.724 unit atau turun 15 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 13.748 unit. 

Truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra mencapai 1.643 unit atau turun 2 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 1.670 unit. 

Adapun total seluruh kendaraan tercatat 30.001 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra pada H-4 atau turun 6 persen persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 31.934 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper