Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Macet! 121.000 Kendaraan Bakal Melintas di Tol Cipali Hari Ini

Arus lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan tembus ke angka 121.000 kendaraan pada puncak arus mudik Lebaran 2023 hari ini 19 April 2023.
Petugas mengatur lalu-lintas di jalan tol Palimanan-Cikopo Km 85, Jawa Barat, Kamis (22/6)./JIBI-Abdullah Azzam
Petugas mengatur lalu-lintas di jalan tol Palimanan-Cikopo Km 85, Jawa Barat, Kamis (22/6)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Infra memprediksi arus lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan tembus ke angka 121.000 kendaraan pada puncak arus mudik Lebaran 2023 hari ini, Rabu (19/4/2023). 

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, mengatakan angka prediksi arus lalu lintas tersebut meningkat 19 persen dibandingkan hari kemarin yakni sebesar 106.000 kendaraan. 

"Terpantau sejak Rabu malam volume arus lalu lintas yang melewati Gerbang Tol Cikatama sebesar 6.000 kendaraan per jam," kata Sri dalam keterangan resmi, Rabu (19/4/2023). 

Berdasarkan data Astra Tol Cipali, pada hari Selasa, (18/4/2023) volume lalu lintas tercatat sebesar 102.177 kendaraan melintas di Tol Cipali. Adapun, sejak H-10 hingga H-4 lebaran 2023, tercatat sebanyak 535.000 kendaraan melintasi ruas tol ini.

Dengan peningkatan arus lalu lintas di Ruas Tol Cipali sejak kemarin malam, pemberlakuan satu arah atau one way yang semula sampai dengan pukul 00:00 WIB diperpanjang sampai dengan siang ini. 

"Hal ini dilakukan karena arus lalu lintas yang melintasi Tol Cipali terpantau terus mengalami kenaikan sampai dengan siang ini. Adapun keputusan waktu pemberlakuan one way sesuai dengan arahan dari Korlantas Polri," ujarnya. 

Namun, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Santyabudi, mengatakan one way Tol Cipali akan dilakukan secara penuh hingga pukul 24.00 WIB hari ini. Untuk itu, pihaknya berencana untuk menutup arus lalin mulai dari interchange Cikopo. 

Atas diskresi kepolisian, rekayasa lalin di hari kedua mudik ini dilakukan berdasarkan traffic counting di Tol Cipali KM190 Palimanan yang selama 3 jam mencapai 4.100 kendaraan/jam, telah mencapai indikator rekayasa lalu lintas one way dengan volume per capacity ratio (VCR) 0,45.

Untuk itu, rekayasa lalu lintas one way di KM 72 Cikampel Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung KM414 Jalan Tol Batang-Semarang kembali dilanjutkan hingga Rabu (19/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Namun, rekayasa lalu lintas One Way dapat berlanjut jika dalam periode waktu 3 jam sebelum jadwal pengakhiran one way masih terdapat peningkatan volume lalulintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper