Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Bisnis Indonesia - Ceko Teken Kerja Sama Perdagangan Lintas Sektor

Forum Bisnis Indonesia-Ceko menghasilkan penandatanganan empat nota kesepahaman, meliputi industri, militer, perlindungan lingkungan dan pariwisata.
Indonesia-Ceko meningkatkan hubungan bilateral dengan menandatangani empat nota kesepakatan meliputi industri, militer, perlindungan lingkungan dan pariwisata.
Indonesia-Ceko meningkatkan hubungan bilateral dengan menandatangani empat nota kesepakatan meliputi industri, militer, perlindungan lingkungan dan pariwisata.

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang Ceko dan Kadin Indonesia memfasilitasi penandatanganan sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) dan Letter of Intent lintas sektor kedua negara.

Penandatanganan ini digelar oleh kedua Kamar Dagang dalam Forum Bisnis Indonesia-Ceko yang pada 18 April 2023 di Jakarta, dalam rangka kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala ke Indonesia.

Kunjungan resmi ini merupakan bukti hubungan bilateral yang berhasil dan kuat antara Republik Ceko dan Republik Indonesia, ditandai dengan kerja sama lintas sektor yang sangat aktif, meliputi industri, militer, perlindungan lingkungan, dan pariwisata.

Selain sejumlah MoU serta Letter of Intent, forum bisnis ini juga menggelar 828 meeting dan networking.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Maritim, Investasi, Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Republik Ceko terus berkembang, dengan kedua negara menunjukkan minat yang sama dalam meningkatkan ikatan perdagangan bilateral.

"Pada 2022, volume perdagangan bilateral kita mencapai US$254,9 juta, meningkat signifikan sebesar 11 persen dari tahun sebelumnya," kata Shinta usai acara Forum Bisnis Indonesia-Ceko, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat Selasa (18/4/2023).

Menurutnya, meski volume perdagangan di antara kedua negara saat ini mungkin tidak mencapai potensi maksimalnya, terdapat minat yang semakin besar untuk menjajaki peluang baru untuk ekspansi perdagangan, khususnya di bidang-bidang seperti otomotif permesinan, bahan kimia, gas dan minyak.

Selain itu, telah terjadi peningkatan kerja sama dalam industri pertahanan dan keamanan dengan eksplorasi joint venture dan transfer teknologi yang sedang dilakukan untuk memperkuat kemampuan pertahanan dan mempromosikan kemitraan yang strategis.

Berikut beberapa penandatanganan yang dilakukan dalam Forum Bisnis Indonesia-Ceko: 

1. Nota Kesepahaman antara Kamar Dagang Ceko dan Kamar Dagang dan Industri

Ditandatangani oleh Presiden Kamar Dagang Ceko Vladimir Dlouhy dan Shinta Widjaja Kamdani. Kedua belah pihak menegaskan akan bekerja sama secara aktif di bidang promosi ekspor dan impor antara kedua negara. MoU ini memperbarui hubungan antara kedua kamar, karena keabsahan perjanjian sebelumnya telah berakhir pada 2019.

Kedua belah pihak setuju untuk bertukar keahlian dan data terkait perdagangan dan investasi bilateral, serta untuk memfasilitasi pembentukan perusahaan joint venture dan saling memperkenalkan mitra-mitra yang relevan

2. Nota Kesepahaman antara Fakultas Teknik, Czech University of Life Sciences Prague dan PT Pangandaran Permaculture

Ditandatangani oleh Wakil Dekan Hubungan Internasional, Fakultas Teknik, Czech University of Life Sciences Prague dan Pendiri PT. MMW Pangandaran Permaculture David Herakdan Michal Wasserbauer

Kerja sama ini bertujuan untuk membentuk pusat pertanian cerdas berbasis Pertanian 4.0. Sasaran dari pusat ini adalah untuk menerapkan teknologi pintar dalam sistem pertanian biasa dan dalam produksi dan pemrosesan produk pertanian untuk menjaga kualitas tertinggi produk akhir dan keberlanjutan jangka panjang dari produksi dan pemrosesannya, dengan mempertimbangkan untuk menghilangkan dampak lingkungan yang negatif.

Yang juga menjadi bagian integral dari kolaborasi ini adalah akuisisi data yang spesifik untuk kondisi Indonesia dan transformasinya menjadi sistem kecerdasan buatan yang digunakan dalam sistem pertanian cerdas.

3. Letter of Intent on Cooperation antara Excalibur International dengan PT RepublikCor

Ditandatangani oleh Direktur Regional Excalibur International Viktor Loužil dan perwakilan dari PT RepublikCorp

Excalibur International adalah agen ekspor yang mewakili portofolio lengkap Czechoslovak Group, arsitek sistem pertahanan kompleks yang aktif dalam kerja sama industri militer di Indonesia. MoU ini mengantisipasi transfer teknologi dalam offset co-production dan merancang pendirian pusat layanan resmi untuk Truk Tatra bekerja sama dengan mitra lokal Indonesia PT Hasema, spesialis dan produsen peralatan transportasi.

4. Letter of Intent on Cooperation antara Excalibur International dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Ditandatangani oleh Direktur Regional Excalibur International Victor  Loužil dan perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Setelah bekerja sama dalam berbagai proyek di masa lalu, Nota Kesepahaman ini menegaskan dan memperluas kerja sama antara kedua pihak dalam proyek bersama di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper