Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2023, Polisi Beri Pesan Ini ke Pemudik

Kakorlantas Polri Firman Santyabudi memberi pesan khusus kepada pemudik Lebaran 2023.
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022) / Jasa Marga
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022) / Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Firman Santyabudi mengimbau kepada pemudik untuk tidak lengah meskipun ada jalan baru saat periode Lebaran 2023.

Artinya, rute yang berpotensi terjadi penguncian arus atau keterbatasan operasi, misalnya jalan tol Solo - Yogyakarta dan tol Cisumdawu yang baru saja difungsionalkan. 

"Untuk mendukung kelancaran tentunya [ada] jalan baru harapannya bisa mengurai kemacetan, tapi kita tidak boleh lengah ketika jalan baru ini apakah kemudian [akan] kontribusi terhadap penguncian arus," kata Firman di sela pelepasan Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia 2023, Senin (17/4/2024).

Oleh sebab itu, Polisi dan pihak terkait berupaya untuk menentukan aturan yang paling tepat dalam membantu masyarakat mudik menggunakan jalan yang baru. 

Ambil contoh, di tol Cisumdawu, pemangku kebijakan terkait bakal menerapkan batasan pada jam operasi tol hingga pukul 15.00 WIB alias jam 3 sore. Sebab, penerangan jalan pada rute ini dinilai masih minim. 

Terlebih, kata Firman, tol Cisumdawu pada waktu sore memiliki potensi kecelakaan yang tinggi akibat gangguan pandangan ketika turunnya kabut dan hujan. 

"Termasuk, terakhir laporan jawa barat untuk cisumdawu kita berlakukan operasional hingga 3 sore karena belum ada penerangan jalan. Ketika sore hari kabut dan hujan, tentunya ini kita harus mengurangi risiko kecelakaan mungkin potensi disana," tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, Kakorlantas Firman bersama Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menjadi salah satu pihak yang melepas tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia 2023 di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta. 

Sebagai informasi, reportase Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia 2023 akan memotret aktivitas arus mudik dan arus balik Lebaran terkait dengan situasi terkini lalu lintas, rekayasa lalu lintas, kondisi infrastruktur jalan tol, rest area, dan lainnya dengan rute trans Jawa-Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper