Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oleh-oleh dari Jerman, Otorita IKN Teken Kerja Sama dengan Siemens

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) meneken kerja sama dengan Siemens alam rangkaian acara pameran Hannover Messe 2023 di Jerman.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) meneken kerja sama dengan perusahaan penyedia teknologi asal Jerman, Siemens dalam rangkaian acara pameran Hannover Messe 2023.

Otorita IKN telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam pengembangan sektor energi pintar, kota pintar, gedung pintar, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik kerja sama dengan Siemens untuk pengembangan IKN Nusantara menuju kota pintar dan hijau.

“MoU ini menandai langkah penting untuk mencapai tujuan kami menjadikan Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Siemens akan membawa wawasan dan keahlian yang berharga bagi pengembangan smart konsep kota di Nusantara, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dalam pelaksanaan proyek ini," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (17/4/2023).

Bambang menjelaskan nota kesepahaman tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama kedua belah pihak, serta bertukar pikiran, dan pengalaman dalam perencanaan dan implementasi konsep kota pintar di IKN Nusantara yang mendukung pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.

Adapun, ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi pembentukan kelompok kerja dengan pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan lingkup kota pintar, melakukan studi kelayakan awal di bidang tertentu berdasarkan informasi yang tersedia, serta menjajaki kerja sama strategis dalam pelaksanaan proyek.

Selain itu, Otorita IKN bertujuan menjadikan ibu kota baru Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia. OIKN bermaksud untuk membangun ibu kota baru Nusantara menjadi kota pintar yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuannya, mengurangi biaya dan konsumsi, serta terlibat lebih aktif dan efektif dengan warganya.

Bambang mengatakan Siemens sebagai penyedia teknologi dan keahlian, berkomitmen untuk mendukung pengembangan sektor energi pintar, kota pinter, gedung pintar, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di IKN Nusantara.

“MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan tersebut dan mempererat kemitraan kedua belah pihak,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper