Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko PMK Sebut Pemudik Lebaran 2023 Capai 123,8 Juta Orang

Ada sekitar 123,8 juta orang yang akan menjalani perjalanan mudik pada Lebaran 2023 atau naik hampir 40 juta orang dibandingkan pada tahun lalu.
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemudik pada arus mudik Lebaran 2023 naik drastis dibandingkan tahun lalu.

Muhadjir mengatakan ada sekitar 123,8 juta orang yang akan menjalani perjalanan mudik pada Lebaran 2023 atau naik hampir 40 juta orang dibandingkan pada tahun lalu.

“Diperkirakan yang akan mudik nanti ada 123,8 juta orang yang mengalami kenaikan sangat drastis dibanding tahun lalu yang hanya 85 juta,” kata Muhadjir di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari Menteri Perdagangan dan Direktur Utama Pertamina terkait dengan stok bahan pokok termasuk BBM lancar dan aman.

Kemudian, terkait inflasi jelang Lebaran 2023, Muhadjir menyebut bahwa kabar dari Menteri Dalam Negeri inflasi saat ini terkendali diangka 4,97 persen

“Dari pak Mendagri melaporkan bahwa inflasi terkendali yaitu berkisar antara 4,97 persen atau turun 0,18 persen dibanding bulan lalu yang mencapai 5,47 persen,” ucapnya.

Lalu, terkait pengamanan arus mudik dan balik 2023, pihak kepolisian lewat Kapolri akan menyiapkan personel sebanyak 148.261 orang dan menyiapkan juga 2787 posko mudik Lebaran 2023 ini.

Perlu diketahui, pada hari ini Kapolri beserta dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Panglima TNI, Wakil Menteri Agama, Wakil Menteri Parekraf, Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan melakukan rakor koordinasi bersama.

Rapat koordinasi ini dilakukan guna membahas terkait dengan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper